Home / Berita Terkini / Unpar Staff Mobility Program

Unpar Staff Mobility Program

Unpar Staff Mobility Program merupakan salah satu agenda Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) untuk menunjang kompetensi dan kinerja para pegawainya.

Salah satu instruktur bahasa Pusat Pengembangan Karir (PPK) Unpar, Kristining Seva, SS, M.Pd telah mengikuti kegiatan Seminar Internasional bertajuk “International Seminar on Internationalization, Innovation, and Sustainable Development”, pada 19-23 Maret 2018. Seminar tersebut diadakan oleh Erasmus+ di Lille Catholic University, Perancis.

Selain Unpar, sejumlah universitas yang berpartisipasi diantaranya The University of Belgrade (Serbia), National University of Life & Environmental Science of Ukraine (Ukraina), Malardalen University (Swedia), University of Craiova (Romania), dan lainnya.

Selama 5 hari kegiatan seminar, peserta pada umumnya membahas tentang internasionalisasi di masing-masing universitas peserta, pembangunan berkelanjutan, dan presentasi mengenai Praktik Terbaik Komunikasi Antarbudaya. Dalam kesempatan tersebut, Unpar bersama Sophia University (Jepang) dan Tbilisi State University (Georgia) mendapatkan kesempatan untuk menyampaikan presentasi tentang bagaimana masing-masing universitas memperkenalkan budaya, kebiasaan, serta bahasa daerah (lokal) kepada mahasiswa asing.

Kristining Seva mengungkapkan bahwa presentasi tersebut merupakan sesi paling menarik. Para peserta, katanya, sangat interaktif. Ada banyak contoh dari praktik budaya lokal yang dibagikan para peserta sebagai perwujudan praktik budaya di masing-masing negara.

Sebelumnya, pada 12-13 Februari 2018, Unpar menyambut baik kunjungan dua staf dari Malmö University Swedia, yakni Jeanette Wahlberg, staf administrasi Sistem Sumber Daya Manusia dan Maria Rosen, staf administrasi Penggajian, sebagai bagian dari program staf International Network of Universities (INU).Tujuan kunjungan tersebut, untuk saling bertukar pengalaman, berbagi pengetahuan terutama mengenai sistem dan dukungan manajemen Sumber Daya Manusia (SDM).

Ada banyak perbandingan menarik dalam hal kemanfaatan bagi karyawan, sistem penggajian, rekrutmen, dan sistem SDM karena masing-masing universitas memiliki latar belakang yang berbeda. Dalam hal ini, Malmö University sebagai universitas negeri dan Unpar, universitas swasta.

Selain itu, ada perbedaan dalam usia pensiun, sistem pensiun, dan cuti tahunan berdasarkan pada peraturan pemerintah di masing-masing negara.

Adapun topik dalam diskusi, terkait bidang pengembangan SDM termasuk berbagai training untuk staf administrasi di Unpar Employee Learning Center mengenai soft skill dan kompetensi untuk mendukung kegiatan sehari-hari bagi para dosen dan staf berdasarkan peraturan pemerintah Indonesia, serta tahapan dan kualifikasi untuk mengejar karir yang lebih tinggi.

Diharapkan, pengalaman selama Shadowing Program dapat memperluas perspektif dan pengetahuan para staf dari kedua universitas.

Sumber: International Office Newsletter (Edisi IX/April/2018)