Home / Berita Terkini / UNPAR SIAP Sambut Mahasiswa Baru
  • Pimpinan Yayasan dan Universitas memakaikan jas almamater sebagai penerimaan simbolik mahasiswa baru Unpar pada Upacara Penerimaan Mahasiswa Baru Unpar 2019 yang mengawali rangkaian Inisiasi dan Adaptasi (SIAP) Unpar 2019, Senin (5/8)

  • Barisan mahasiswa baru Unpar mempersiapkan diri menuju SIAP 2019. Tercatat 2692 mahasiswa baru bergabung dengan Unpar pada Tahun Akademik 2019/2020

  • Perwakilan mahasiswa mengucapkan Janji Mahasiswa Unpar, diikuti oleh segenap peserta SIAP

  • Rektor Unpar Mangadar Situmorang, Ph.D., menyambut baik mahasiswa baru Unpar di 'Kampus Humanum'

  • Perwakilan Yayasan Unpar, Ir. Iwan Supriadi, memberikan beasiswa secara simbolik kepada mahasiswa penerima beasiswa

  • Gelar ragam Budaya Nusantara dalam Oratorium Kebangsaan bertajuk 'Unpar di Nafas Kebangsaan' memeriahkan SIAP 2019

UNPAR SIAP Sambut Mahasiswa Baru

Senin (5/8) menandai babak kehidupan baru bagi 2.692 mahasiswa baru Universitas Katolik Parahyangan (Unpar). Para mahasiswa yang terseleksi dari 14 ribu lebih peminat ini akan memulai masa studinya di Unpar melalui kegiatan Insiasi dan Adaptasi (SIAP) Unpar 2019 yang berlangsung hingga Kamis, 8 Agustus 2019.

Berkembang Menjadi Humanum

Rektor Unpar Mangadar Situmorang, Ph.D. menyambut kehadiran mahasiswa baru di Kampus Jingga, Kampus yang Humanum. “Anda semua adalah orang-orang terpilih,” tegasnya dalam sambutan yang disampaikan pada Upacara Pembukaan Tahun Akademik 2019/2020 dan Penerimaan Mahasiswa Baru 2019 Unpar. Dengan memilih Unpar, lanjutnya, mahasiswa telah memiliki tekad kuat untuk berproses di dalamnya.

Rektor juga berpesan agar mahasiswa Unpar, sedari dini, mengembangkan nilai-nilai keberagaman sebagai salah satu nilai dasar Unpar. Apalagi, komunitas Unpar merupakan komunitas yang penuh dengan keberagaman, dalam berbagai macam latar belakang identitas. “Perbedaan adalah kekayaan,” ujarnya, sembari mengingatkan pentingnya perbedaan dalam aktivitas pembelajaran. Ia berpesan, “Mari kita saling menghargai satu sama lain.”

Dalam kesempatan yang sama, diserahkan pula beasiswa secara simbolik kepada para penerima beasiswa, pemakaian jas almamater kepada perwakilan mahasiswa baru. Peserta juga mengucapkan janji mahasiswa Unpar sebagai komitmen mereka berkembang di Kampus Humanum ini.

Oratorium Kebangsaan

SIAP 2019 kemudian dilanjutkan dengan Oratorium Kebangsaan bertajuk “Unpar di Nafas Kebangsaan.” Kegiatan yang diselenggarakan oleh panitia SIAP beserta Lembaga Pengembangan Humaniora (LPH) Unpar menjadi pemantik semangat mahasiswa baru untuk mendalami spiritualitas dan semangat universitas.

Arnold Rurry dari LPH Unpar menjelaskan bahwa kegiatan ini dirancang untuk merayakan keberagaman dalam kehidupan Bangsa Indonesia. Hal ini tidak lepas dari nilai dasar universitas yang menjunjung tinggi keberagaman. “Unpar harus terlibat aktif, menjaga keberagaman untuk tetap hadir, tercipta dan terjaga di Indonesia,” jelasnya.

Antusiasme tidak hanya terlihat dari keikutsertaan peserta SIAP, melainkan pula dari para pengisi acara oratorium tersebut. “Terasa sekali ini untuk kita semua,” ujar Arnold, “Semua terlibat.” Mahasiswa yang tergabung dalam berbagai Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Unpar dan tenaga pendidik terlibat dalam rangkaian acara yang terdiri dari teatrikal kaleidoskop Unpar serta penampilan ragam kebudayaan Nusantara. (DAN)