Home / Berita Terkini / Unpar Siap Mendukung PSBB Bandung Raya

Unpar Siap Mendukung PSBB Bandung Raya

Pada Rabu (22/4/2020), wilayah Bandung Raya mulai memberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) hingga dua minggu mendatang. Adapun wilayah PSBB meliputi Kota Bandung, Kota Cimahi, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, dan Kabupaten Sumedang. PSBB diharapkan mampu memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di wilayah Bandung Raya.

Adapun PSBB bukan berarti lockdown atau penutupan secara menyeluruh wilayah Bandung Raya. Aktivitas esensial seperti jual beli bahan pokok, aktivitas perbankan, dan beberapa industri yang dianggap penting tetap berjalan dengan pembatasan tertentu seperti diatur oleh peraturan daerah. Selain itu, telah ditetapkan pusat pemeriksaan (checkpoint) di titik-titik strategis, baik di pusat kota maupun di perbatasan antara wilayah kota dan kabupaten.

Dalam mendukung PSBB Bandung Raya, Universitas Katolik Parahyangan telah melakukan beberapa kebijakan. Secara umum, Unpar melarang seluruh komunitas akademik, termasuk dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa, untuk datang dan beraktivitas di area Kampus Unpar selama masa PSBB.

Pengecualian terhadap larangan tersebut adalah kepada Tim Satgas Unpar Fight Covid-19 (UFC-19) yang tetap beraktivitas dalam upaya menanggulangi dampak Covid-19. Selain itu, seluruh anggota komunitas akademik yang akan beraktivitas di Kampus Unpar harus mendapatkan izin dari pimpinan yang tercatat di Biro Umum dan Teknik (BUT) atau Satgas UFC-19. 

Apabila perlu datang untuk beraktivitas di Unpar, perlu diperhatikan aturan-aturan yang diterapkan selama PSBB. Antara lain, membawa KTP, tanda pengenal (ID Card Pegawai) Unpar dan surat tugas, tidak boleh berboncengan apabila menggunakan kendaraan roda dua, menjaga jarak di dalam kendaraan roda empat pribadi, serta pembatasan kapasitas kendaraan umum. 

Unpar menghimbau setiap anggota komunitas akademik Unpar untuk mendukung kebijakan PSBB Bandung Raya dengan tetap tinggal di kediaman masing-masing, mengurangi aktivitas di luar rumah serta berpergian seperlunya dengan menaati aturan-aturan yang berlaku dan arahan petugas di lapangan. Dengan kedisiplinan diri masing-masing, Unpar berharap PSBB dapat berjalan dengan baik dan menanggulangi penyebaran Covid-19 di wilayah Bandung Raya. (DAN – Divisi Publikasi)