Home / Berita Terkini / Unpar Raih ACCA Accredited Program

Unpar Raih ACCA Accredited Program

Pada Senin (28/8), Fakultas Ekonomi Universitas Katolik Parahyangan (FE Unpar) menyelenggarakan acara seremonial atas penghargaan “ACCA Accredited Program” yang diraih Program Studi Akuntansi. Acara yang digelar di Aula Gedung 9 FE Unpar tersebut dibuka dengan sambutan Rektor Unpar Mangadar Situmorang Ph.D dan Country Head, ACCA Indonesia Conny Siahaan.

Rangkaian acara terdiri dari sharing session, kuliah umum bagi mahasiswa serta pembaharuan perjanjian kerja sama (MoU) Unpar dengan ACCA. Sharing session disampaikan oleh Yoga Prawita ACCA Associate Director, EY Indonesia dan Ryan Piper Regional Director, Baker Tilly Singapore. Pada kesempatan yang sama, Andika Wardana Business Relationship Manager,  ACCA Indonesia memberikan kuliah umum dengan topik “Being in Demand with ACCA” sedangkan materi dengan topik “Career in Singapore? Why not?” disampaikan oleh Melissa Kay Thomas ACCA Business Development Manager, Singapore.

Sejak September 2016, Unpar resmi menjadi pusat tes (test center) berlisensi the Association of Chartered Certified Accountants (ACCA) pertama di Bandung. Pusat tes ini terbuka untuk umum sehingga mahasiswa non-Unpar yang ingin memperoleh sertifikasi dapat melakukan ujian di Unpar.

Unpar memenuhi standar fasilitas dan persyaratan penyelenggaran ujian berbasis komputer (computer-based exams) ACCA yang meliputi minimal lebar-pita (bandwidth), spesifikasi komputer, jarak antar komputer, pengawas ujian (exam invigilator), dan lainnya. Unpar mengakomodasi ujian ACCA berbasis komputer yang merupakan bagian dari program peningkatan kapasitas staf Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung yang didanai Kedutaan Besar Inggris melalui program “Prosperity Fund” pada November 2016 lalu.

Sejak beberapa tahun terakhir, sejumlah asosiasi profesi internasional mulai masuk ke Indonesia, dan salah satunya adalah ACCA yang berpusat di London, Inggris. Sertifikasi profesi dari asosiasi internasional ini umumnya diminati para profesional, akan tetapi mahasiswa di Indonesia sudah mulai mengambil sertifikasi ini sejak menjajaki bangku kuliah untuk meningkatkan daya saing.

Diharapkan kerja sama antara Unpar-ACCA akan berlanjut menjadi pengembangan pusat pelatihan karena test center merupakan fasilitas untuk melakukan ujian yang berbasis komputer.