Home / Berita Terkini / Unpar Menjadi Tuan Rumah Program Darmasiswa

Unpar Menjadi Tuan Rumah Program Darmasiswa

Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) dipercaya untuk menjadi tuan rumah program Darmasiswa. Pusat Pengembangan Karir (PPK) Unpar mencanangkan pendirian lembaga Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) Unpar pada tahun 2017.

Dalam prosesnya, PPK melalui Kantor Internasional dan Kerjasama (KIK) Unpar mengajukan proposal untuk menjadi provider program Darmasiswa kepada Kemendikbud. Kemudian, pada Oktober tahun lalu, Kemendikbud melakukan visitasi ke Unpar untuk melakukan uji kelayakan. Hasil visitasi tersebut menyatakan Unpar layak untuk menyelenggarakan program Darmasiswa.

Darmasiswa adalah program yang diselenggarakan oleh Kemendikbud bekerja sama dengan Kementerian Luar Negeri. Beasiswa Darmasiswa ini ditawarkan ke lebih dari 111 negara di seluruh dunia, yang difasilitasi oleh lebih dari 70 universitas di Indonesia.

Program BIPA di Unpar dinilai efektif pada saat penelitian visitasi tersebut. Tahun ini, pada periode ajaran 2018/2019, Unpar membuka penerimaan bagi mahasiswa asing melalui penyelenggaraan program Darmasiswa BIPA Unpar. Selain itu, program BIPA Unpar ditawarkan kepada universitas-universitas rekanan Unpar, seperti International Network of Universities (INU).

Orientasi mahasiswa program Darmasiswa dan KNB

Pada Senin, (3/9) Pusat Pengembangan Karir Universitas Katolik Parahyangan (PPK Unpar) mengadakan kegiatan penyambutan mahasiswa program Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) di Gedung FH Unpar. Rangkaian kegiatan orientasi berlangsung selama 5 hari, hingga Jumat (7/9).

Tim BIPA Unpar dipercaya untuk memfasilitasi mahasiswa asing dalam mendalami kemampuan berbahasa Indonesia mereka. Ada sekitar 15 orang mahasiswa yang berasal dari Afrika, Tiongkok, dan Korea Selatan yang belajar di Unpar tahun ini. Sejumlah mahasiswa Asia didukung oleh program Darmasiswa, sementara sejumlah besar mahasiswa yang berasal dari Afrika difasilitasi oleh beasiswa Kemitraan Negara Berkembang (KNB).

Melalui program BIPA, mahasiswa asing akan mempelajari Bahasa Indonesia selama satu tahun di Unpar sambil berkesempatan melakukan sit-in di berbagai fakultas sesuai pilihan mereka.