Home / Berita Terkini / Unpar Luncurkan Sistem Informasi “Parentportal”

Unpar Luncurkan Sistem Informasi “Parentportal”

Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) baru saja meluncurkan Sistem Informasi (SI) Parentportal dalam rangka meningkatkan layanan informasi kepada orang tua atau wali mahasiswa. Melalui Biro Teknologi Informasi (BTI) Unpar, SI Parentportal ini secara resmi diluncurkan  pada Senin, 1 Mei lalu.

Parentportal tersebut berisi informasi tentang data nilai mahasiswa, indeks prestasi mahasiswa, jadwal kuliah dan ujian, riwayat pembayaran uang kuliah serta fitur umpan balik (feedback). Adapun, fitur umpan balik dapat dimanfaatkan orang tua atau wali mahasiswa untuk memberikan masukan terkait penyempurnaan SI Parentportal.

Orang tua atau wali mahasiswa melalui sistem informasi tersebut dapat memperoleh informasi terkini mengenai perkembangan akademik putra/putrinya sehingga perkembangan serta keberhasilan studi mahasiswa diharapkan dapat ditingkatkan.

Ditemui Tim Publikasi Unpar pada Jumat (5/5), Dr. Paulus Tjiang, Wakil Rektor Bidang Akademik mengatakan bahwa banyaknya permintaan dari orang tua mahasiswa menjadi hal mendasar dibuatnya fasilitas Parentportal ini.

“Rasanya mereka (orang tua) berhak untuk mengetahui akademik putra/putrinya, dari nilainya, dari pembayarannya, dari kegiatannya, jadwal ujian, jadwal segala macam”, ujarnya.

Adanya keterbatasan pengiriman melalui pos, menurut Dr. Paulus, menjadi hal lain yang menghambat pengiriman laporan perkembangan akademik mahasiswa setiap semesternya. Seringkali, sebagian besar laporan tersebut dikirimkan kembali ke universitas dengan alasan alamat tidak dikenal.

“Oleh karena itu, saya pikir, di era cyber seperti ini, sebagian besar orang tua sudah bisa mengakses internet. Jadi apa salahnya kita menyediakan fasilitas Parentportal ini supaya orang tua bisa memantau”, jelasnya.

Dr. Paulus yang juga merupakan dosen Prodi Fisika Unpar berharap bahwa hal-hal yang tidak diinginkan, terkait perkembangan studi mahasiswa dapat ditangani sedini mungkin. Dengan demikian, terdapat koordinasi yang efektif antara institusi dengan orang tua untuk memastikan perkembangan akademik mahasiswa.

Dalam peluncurannya, para dekan di setiap fakultas akan membantu melakukan sosialisasi terkait penggunaan fasilitas ini. Pada halaman depan Parentportal sudah terdapat tata cara (manual) penggunaan sistem informasi tersebut.

“Sekarang pun sudah bisa diakses. Jadi, saat ini, kalau orang tua ingin mengakses data semester genap ini, bisa keliatan. Misalnya saja, terkait, pembayaran kuliah”, pungkasnya.

Laman Parentportal dengan alamat (url) http://parentportal.unpar.ac.id dapat diakses melalui intranet dan internet dengan menggunakan PC/laptop atau mobile devices. Fasilitas baru ini diharapkan dapat membantu meningkatkan layanan bagi orang tua atau wali mahasiswa serta masyarakat luas.