Home / Berita Terkini / Unpar Jalin Kerjasama Desa Sejahtera dengan Astra Internasional
Perwakilan Unpar dan perguruan tinggi lain melakukan penandatanganan PKS dengan Astra Internasional

Unpar Jalin Kerjasama Desa Sejahtera dengan Astra Internasional

Pada tanggal 25 Juni 2019, bertempat di Menara ASTRA Jakarta, telah dilaksanakan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara ASTRA Internasional dengan LPPM UNPAR untuk program Desa Sejahtera ASTRA 2019.  Tidak hanya dengan UNPAR, penandatanganan PKS dilakukan juga dengan universitas-universitas lain yang menjadi mitra ASTRA.

Selain dari universitas, PKS juga ditandatangani pihak ASTRA dengan semua beneficiaries (Bupati), startup-startup yang akan terlibat, dan stakeholder lainnya. Dalam kegiatan ini, hadir juga Bapak Eko Putro Sandjojo, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi yang memberikan paparan terkait dengan pentingnya pengembangan desa di Indonesia.

Program Desa Sejahtera ASTRA 2019 ini mencakup desa-desa yang ada di Indonesia dari wilayah Indonesia Barat sampai dengan Indonesia Timur, dari kabupaten Talaud di Indonesia Utara sampai kabupaten Rote Ndao di Indonesia Selatan. Dalam program besar ini, UNPAR menjadi mitra ASTRA untuk beberapa wilayah di Jawa Barat. Beberapa unit seperti FISIP, P3M (LPH), Jurusan Teknik Industri, Jurusan Teknik Informatika, Prodi Akuntansi, Prodi Manajemen, Prodi Ekonomi Pembangunan, dan Prodi Magister Ilmu Sosial telah berkomitmen menjadi bagian dalam program ini dengan mendampingi beberapa desa. Desa-desa tersebut tersebar di Kab. Bandung, Kab. Garut, Kab. Indramayu, Kab. Kuningan, Kab. Majalengka, dan Kab. Purwakarta. 

Untuk tahap pertama, program pendampingan akan berjalan selama 1 tahun. Program pendampingan ini menargetkan banyaknya partisipasi warga desa, meningkatnya pendapatan desa, meningkatnya jumlah tenaga kerja, dan meningkatkan keterserapan produk yang dihasilkan desa. Apabila program ini berjalan baik, maka akan berlanjut dalam pendampingan lainnya di tahun ke 2.