Home / Berita Terkini / Unpar Gelar Seminar Rehabilitasi dan Mitigasi Pasca Bencana Gempa Palu

Unpar Gelar Seminar Rehabilitasi dan Mitigasi Pasca Bencana Gempa Palu

Bencana gempa di Palu dan Donggala yang terjadi pada September 2018 telah menyisakan duka yang mendalam bagi negara Indonesia. Dampak dari bencana gempa Palu-Donggala sangatlah banyak. Tidak hanya memakan banyak korban jiwa, namun bencana gempa berdampak juga pada kerugian materiil dan kemunduran ekonomi bagi Kota Palu.

Melihat banyaknya kerusakan gedung-gedung dan perumahan penduduk, pada Jumat (25/1/2019) Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) mengadakan Seminar Nasional bertemakan “Rehabilitasi dan Mitigasi Pasca Bencana Gempa Palu 28 September 2018” di ruang Aula Kampus Pascasarjana Unpar. Tujuan utama Unpar mengadakan seminar ini adalah untuk memberikan pemahaman tentang manajemen kebencanaan, khususnya saat membangun bangunan yang akan tahan gempa agar memperkecil jumlah korban jiwa jika terjadi bencana gempa.

Seminar dibuka dengan sambutan dari Dekan Fakultas Teknik Unpar, Dr. Yohanes Basuki Dwisusanto, sambutan dari Rektor Unpar, Mangadar Situmorang, Ph.D, sambutan dari Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) yang diwakili oleh Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Dr. Ir. Bartolomeus Tandigala, SH.,CES, dan sambutan Kepala Satuan Tugas (Satgas) Rehabilitasi Palu-Donggala Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Dr. Arie Murwanto. Tidak hanya itu, dilaksanakan juga penyerahan Buku Laporan Kajian Gempa Palu yang dibuat oleh tim Unpar oleh Rektor Unpar kepada para tamu undangan.

Selanjutnya seminar dilanjutkan dengan presentasi dari beberapa keynote speaker. Kepala BPBD Sulteng membuka sesi presentasi pertama yang dilanjutkan dengan presentasi dari Kepala Satgas Rehabilitasi Palu-Donggala dengan judul presentasi “Penanganan Pasca Bencana Gempa Bumi, Tsunami dan Likuifaksi”. Presentasi ketiga dibawakan oleh Kepala Puslitbang Permukiman dengan judul presentasi “Penyelenggaran Bangunan Gempa Aman Bencana”. Dilanjutkan dengan presentasi dari Kepala Pusat Gempa Nasional, Prof Masyhur Irsyam, Ph.D, yang membawakan presentasi dengan judul “Palu Earthquake 2018, A Preliminary Geotechnical Engineering Report”.

Presentasi ke-5 dibawakan oleh Prof Paulus Pramono Rahardjo, Ph.D, Kepala Tim Kajian Gempa Palu Unpar, dengan judul presentasi “Mekanisme Likuifaksi pada Gempa Palu 2018”. Selanjutnya presentasi terakhir dibawakan oleh Kepala Tim Kajian Gempa Palu Donggala Universitas Tadulako, Dr. Sukiman Nurdin, dengan judul presentasi “Mitigasi Bencana dan Rehabilitasi Palu dengan Pendekatan Teknis dan Kearifan Lokal”.

Setelah sesi presentasi selesai, seminar dilanjutkan dengan acara terakhir yaitu diskusi panel. Pembicara diskusi panel antara lain Dr. Stephanus Alexander, dosen tetap Universitas Palangkaraya; Dr. Budijanto Widjaja, dosen tetap Universitas Katolik Parahyangan; Dr. Nathan Madutujuh, dosen Pascasarjana Unpar; dan Dr. Gouw Tjie Liong, dosen Pascasarjana Unpar.