Unpar Duduki Peringkat Pertama Nature Index di Indonesia

Dalam pemeringkatan berbasis data afiliasi dan kolaborasi ilmiah global Nature Index, Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) berhasil menduduki peringkat pertama institusi di Indonesia. Hal ini didasarkan pada data artikel riset yang dipilih secara independen dari 82 jurnal internasional terkemuka selama kurun waktu satu tahun dari 1 November 2019 hingga 31 Oktober 2020.

Pada basis data tersebut, Unpar tercatat memiliki tiga Count artikel ilmiah yang seluruhnya merupakan hasil karya Haryanto M. Siahaan, S.Si., M.Si., Ph.D. dari Jurusan Fisika, Fakultas Teknologi Informasi dan Sains (FTIS) Unpar. Artikel-artikel tersebut dipublikasikan dalam European Physical Journal C yang terindeks Scopus Q1. 

Sedangkan jumlah Share yang didapatkan Unpar berdasarkan persentase penulis dan jumlah lembaga afiliasinya adalah 2,33. Angka ini melampaui nilai yang didapat oleh institusi riset dan perguruan tinggi lain di Indonesia.

Haryanto M. Siahaan merupakan salah satu dosen yang mendapatkan penghargaan dosen berprestasi berdasarkan kinerja penelitian pada Dies Natalis ke-66 Unpar beberapa waktu lalu. Karya ilmiahnya mengenai fisika teoretis khususnya kajian Lubang Hitam diakui secara global dan telah dipublikasikan dalam jurnal-jurnal internasional. (DAN – Divisi Publikasi Unpar. Sumber: Laman Nature Index)