Home / Berita Terkini / Unpar Bersama JMU Gelar International Student Workshop

Unpar Bersama JMU Gelar International Student Workshop

Pada Jumat (6/11), Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) bersama James Madison University (JMU), Amerika Serikat, membuka International Student Workshop (IWS). Kegiatan ini mengangkat tema “Cultivating Youth Initiatives: The Use of Design Thinking Tools to Address Global Challenges of Covid-19” dan diikuti oleh mahasiswa dari Unpar, JMU, dan beberapa universitas mitra lain.

Melalui rangkaian workshop ini, para peserta ditantang untuk menjawab tantangan masa kini melalui proposal yang inovatif dalam empat tema besar. Tema tersebut yaitu Mental Health, Food, Startup, dan Technology. Selama satu minggu, para peserta berdinamika secara daring melalui Coaching Session, sebelum mempresentasikan proposal mereka kepada panel juri internasional.

Youth Movement hingga Design Thinking

Pembukaan ISW diisi dengan paparan dan diskusi terkait tema workshop dengan narasumber dari Unpar dan JMU. Pada sesi pertama, Fiona Ekaristis Putri, S.IP., M.M. dan Yulia Indrawati Sari, Ph.D. dari Unpar memberikan wawasan mereka akan isu Youth Movement khususnya menanggapi Covid-19. Peran generasi muda dalam pemberdayaan ekonomi dan sosial masyarakat sangat penting untuk menanggulangi dampak Covid-19, seperti yang tampak di Indonesia dan negara-negara lain secara global.

Topik kedua yaitu Design Thinking dibawakan oleh Patrice Ludwig, Ph.D. dan Erica Lewis, Ph.D. dari JMU X-Labs. Pendekatan design thinking merupakan pendekatan yang inovatif dalam mencari solusi bagi suatu permasalahan nyata, misalnya menjawab tantangan yang diakibatkan oleh pandemi di tengah masyarakat. Tidak hanya melalui presentasi, para pakar JMU X-Labs ini juga mengajak peserta memahami design thinking lewat beragam aktivitas.

Kegiatan ISW akan diakhiri dengan sesi presentasi dan pengumuman pemenang yang diselenggarakan pada Sabtu, 13 November 2020 secara daring. Kegiatan ini juga dapat disaksikan secara langsung melalui Kanal YouTube Unpar Official. (DAN – Divisi Publikasi)