Home / Berita Terkini / Unpar Adakan Orientasi bagi Dosen Muda
Delapan orang dosen muda Unpar peserta Orientasi berfoto bersama Sekretaris Yayasan Unpar Pst. Hendra Kimawan, OSC. dan Rektor Unpar Mangadar Situmorang, Ph.D.

Unpar Adakan Orientasi bagi Dosen Muda

Perguruan tinggi yang berkualitas salah satunya didukung oleh tenaga pendidik yang berkualitas pula. Untuk itu, penting bagi sebuah perguruan tinggi untuk mempersiapkan para pendidik sehingga dapat mendukung proses pembelajaran secara optimal, sekaligus menjadi kaum akademisi yang berkontribusi dalam penelitian dan pengabdian masyarakat.

Untuk mencapai kualitas tersebut, Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) melalui Biro Pengembangan Modal Insani (BPMI) menyelenggarakan kegiatan orientasi yang diikuti oleh delapan orang dosen muda yang baru saja bergabung di Unpar. Kegiatan diadakan selama sehari penuh di Ruang Rapat Rektorat Unpar pada Kamis (13/2/2020).

Rektor Unpar Mangadar Situmorang, Ph.D. yang hadir untuk memberikan pengarahan bagi peserta orientasi berharap agar para pendidik mampu melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang juga meliputi pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat dengan baik. Khususnya bagi para dosen yang masih muda, Beliau juga mendorong mereka untuk meningkatkan kualitas diri, salah satunya melalui pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Selain Rektor Unpar, kegiatan orientasi diisi pula oleh penyampaian materi dari Sekretaris Yayasan Pst. Basilius Hendra Kimawan, OSC., Wakil Rektor Bidang Akademik Tri Basuki Joewono, Ph.D., dan Tim BPMI. Materi yang dibahas dalam orientasi antara lain pengenalan visi dan misi Unpar, Spiritualitas dan Nilai Dasar Unpar (SINDU), info kepegawaian, serta pengarahan tugas dan tanggung jawab dosen. Di akhir orientasi, Guru Besar Teknik Kimia Unpar Prof. Judy Retti Witono hadir membagikan pengalamannya dalam proses pembelajaran dan penelitian di Unpar.

Dosen sebagai tenaga pendidik utama dalam universitas tidak hanya berperan penting dalam kegiatan perkuliahan semata. Di luar ruang kuliah, dosen memiliki peran untuk mengembangkan ilmu melalui kegiatan penelitian dan pengabdian. Melalui orientasi ini, diharapkan para dosen muda Unpar dapat memberikan kontribusi positif kepada mahasiswa, institusi dan masyarakat luas. (DAN)