Home / Berita Terkini / Unpar Adakan Kuliah Umum Perlindungan Konsumen

Unpar Adakan Kuliah Umum Perlindungan Konsumen

Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) melalui Biro Kemahasiswaan dan Alumni (BKA) mengadakan kuliah umum bertemakan Perlindungan Konsumen di Ruang Mgr. Geise FISIP Unpar, pada Selasa (12/3/2019).

Kegiatan ini diselenggarakan atas kerja sama dengan Badan Perlindungan Konsumen Nasional Republik Indonesia (BPKN RI) dalam rangka memeriahkan Hari Konsumen Nasional (Harkonas). Kuliah umum tersebut dihadiri oleh mahasiswa, dosen, juga tenaga kependidikan Unpar.

BPKN RI melaksanakan edukasi serentak dengan mengangkat tema “Saatnya Konsumen Indonesia Berdaya” yang bertujuan menumbuhkembangkan serta meningkatkan kesadaran tentang hak dan kewajiban konsumen.

Pembicara dalam acara ini yakni Koordinator Komisi Kerjasama dan Kelembagaan BPKN Drs. Nurul Yakin Setyabudi yang mengusung topik Perlindungan Konsumen dan Wakil Ketua BPKN Rolas B. Sitinjak SH,MH,IPC,CLA dengan topik Advokasi Pengaduan Konsumen.

Pokok bahasan yang disampaikan dalam kuliah umum tersebut diantaranya terkait kasus pelanggaran perlindungan konsumen, sebab-sebab terjadinya kasus pelanggaran dan langkah-langkah yang dapat dilakukan, penjelasan terkait peran Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN), Undang Undang Perlindungan Konsumen (UUPK), dan serangkaian agenda BPKN dalam merayakan Harkonas 2019.

“Kami mengajak Anda untuk lebih sadar akan hak-hak Anda sebagai konsumen”, terang Nurul Yakin. Beliau menambahkan, ada mekanisme pelaporan yang bisa dilakukan jika terjadi pelanggaran terhadap hak-hak konsumen.

Terkait advokasi perlindungan konsumen, Rolas menyebutkan bahwa 80% kasus pelanggaran yang terjadi terkait perumahan. Pada umumnya, kasus pelanggaran melibatkan bank berplat merah.

“204 warga cemas menunggu bertahun-tahun sertifikat rumah tanpa kepastian yang jelas,” ungkap Rolas. “Sudah saatnya konsumen berdaya. Sudah saatnya konsumen membela hak-haknya,” tegasnya.


Tim BPKN menyampaikan bahwa Unpar sebagai perguruan tinggi memiliki peran aktif dalam membantu mengedukasi masyarakat terkait perlindungan konsumen. Hal ini menjadi salah satu wujud tri dharma perguruan tinggi kepada masyarakat. BPKN mendorong universitas untuk melakukan penelitian tentang pelanggaran perlindungan konsumen yang terjadi di masyarakat, melakukan kajian terhadap kebijakan pemerintah di bidang perlindungan konsumen, menjadi penyebar informasi perlindungan konsumen baik melalui jalur formal maupun informal, hingga membentuk Lembaga Perlindungan Konsumen Swadaya Mahasiswa (LPKSM).

Melalui kuliah umum ini, tim BPKN mendorong masyarakat untuk aktif melakukan pelaporan terkait perlindungan konsumen. Berbagai pengaduan dapat disampaikan kepada pihak BPKN.

Adapun, puncak acara peringatan Harkonas akan digelar di Gedung Sate, Bandung, pada Rabu, 20 Maret 2019 mendatang.