Home / Berita Terkini / Ujian Masuk Bersama (UMB) 2009

Ujian Masuk Bersama (UMB) 2009

UNPAR dan 26 Perguruan Tinggi Swasta lainnya di Indonesia yang berlokasi di Medan, Lampung, Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Solo, Malang, dan Surabaya bergabung untuk mengadakan Ujian Saringan Masuk Bersama 2009. Ujian tersebut akan dilaksanakan oleh Perhimpunan SPMB sebagai Lembaga pelayanan tes yang telah berpengalaman menyelenggarakan tes masuk perguruan tinggi negeri selama 30 tahun.

Ujian Masuk Bersama (UMB) akan diselenggarakan pada tanggal 14 Februari 2009. Ujian tersebut diselenggarakan dalam satu hari saja. Tersedia 28.000 kursi bagi mahasiswa dengan 361 program studi di 27 perguruan tinggi swasta di Indonesia. Biaya ujian sebesar Rp 225.000 per orang untuk IPA atau IPS.

Calon mahasiswa dapat memilih bebas sebanyak-banyaknya tiga program studi dalam satu atau lebih PTS. Ini lebih efisien karena calon mahasiswa hanya cukup satu kali ujian untuk memilih beberapa perguruan tinggi. Untuk ujian PTS ini tidak ada formulir IPC.

Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Katolik Parahyangan Prof. Paulus P Rahardjo pada saat konferensi pers yang diadakan di Perhimpunan SPMB Nusantara, kampus UI, Jakarta, mengemukakan bahwa perguruan tinggi swasta bergabung untuk mengadakan ujian saringan bersama tersebut adalah untuk memberikan akses kepada calon mahasiswa secara nasional.

Informasi selengkapnya dapat dilihat di: http://cetak.kompas.com/read/xml/2009/01/09/00432859/27.pts.lakukan.seleksi.bersama