Tips dan Trik Hadapi Era Bisnis Digital

Era bisnis digital semakin jelas dihadapan kita. Kini, para pelaku bisnis dan industri berlomba untuk menjadi yang terdepan untuk mengintegrasikan teknologi digital dalam aktivitas usahanya. Tentu saja, hal ini tidak lepas dari sumber daya manusia berkualitas yang memiliki wawasan luas dan kompetensi yang tinggi di bidang bisnis digital.

Lalu, apa saja yang harus Unparian persiapkan agar siap menghadapi era bisnis digital? Inilah beberapa tips yang bisa mempersiapkan dirimu dalam menyongsong era baru ini!

Temukan Visimu

Sebelum kamu memulai penjelajahan di dunia bisnis digital, kamu harus menemukan visimu. Misalnya, apakah kamu ingin berkarier di perusahaan impian, atau menjadi seorang wirausahawan?

Apapun pilihanmu, kamu harus banyak mencari tahu akan dunia yang akan kamu masuki ini. Mulai dari ilmu yang kamu perlukan, skill yang akan membantu kamu di masa mendatang, perkembangan terbaru dunia bisnis, industri, dan teknologi digital, dan masih banyak lagi. Hal ini akan membantumu membentuk visi dan meneguhkan motivasimu.

Kompetensi yang tepat

Dalam belajar bisnis digital, kamu harus menentukan kompetensi yang tepat untuk kamu kuasai. Tentu hal yang mendasar adalah wawasan administrasi bisnis yang bermanfaat dalam mengembangkan dirimu menjadi praktisi yang handal dalam dunia bisnis dan industri.

Tetapi, dunia digital membutuhkan insan bisnis yang memiliki ‘kelebihan’. Tidak salah jika kamu mampu mengembangkan diri dalam bidang ilmu yang bermanfaat, seperti coding, social media management, analisis Big Data, dan lainnya.

Tidak lupa juga, soft skill wajib untuk dipelajari. Kemampuan analisis yang baik, daya kreasi dan inovasi, passion for knowledge, dan kesiapan berdinamika dalam tim akan menjadi nilai plus bagimu.

Pengembangan Multidisiplin

Mempelajari beragam kompetensi yang saling berkaitan tentu membutuhkan usaha yang lebih. Kamu harus mampu mengembangkan diri secara multidisiplin. Hal ini semakin penting di dunia digital global yang penuh dengan keterhubungan antar bidang ilmu. Metode pembelajaran yang tepat dan materi yang berkualitas tentu menjadi penting dalam pendekatan multidisiplin ini.

Secara dasar, wawasan bisnis digital merupakan perpotongan dari setidaknya tiga disiplin ilmu yang berbeda, yaitu administrasi bisnis, informatika, dan matematika bisnis. Jadi, kamu harus siap mempelajari ketiga disiplin ilmu tersebut secara berkesinambungan!

Menggali pengalaman

Bisnis digital adalah penerapannya dekat dengan kehidupan sehari-hari. Tidak cukup jika kamu hanya berkutat dalam pembelajaran teori tanpa praktek yang nyata. Lalu, apa yang kamu harus lakukan?

Solusinya adalah mencari dan menggali pengalaman yang tepat dalam memahami serta mengimplementasikan wawasanmu. Kamu bisa mengikuti berbagai kompetisi, yang tidak hanya akan meningkatkan keahlian bisnis dan pemahaman keilmuan, namun juga memperluas jejaringmu hingga ke tingkat internasional.

Alternatif lain adalah mengambil internship. Lewat internship, kamu bisa mengaplikasi ilmu yang kamu kuasai dalam dunia kerja yang nyata. Kesempatan internship juga bermanfaat untuk mengasah soft skill yang kamu miliki.

Cari tempat terbaik

Tentunya, visi dan keinginanmu mengembangkan kemampuan bisnis digitalmu harus dikembangkan di tempat yang tepat. Untuk itu, kamu dapat bergabung di Program Peminatan Bisnis Digital di Jurusan Administrasi Bisnis Universitas Katolik Parahyangan! 

Dengan dukungan materi belajar, metode pembelajaran team-teaching dan student centered learning, serta tenaga pendidik yang berkualitas, Program Administrasi Bisnis Unpar dapat membantumu mempersiapkan diri dalam menyongsong era bisnis digital. Kamu juga akan mendapat kesempatan dalam mengasah soft skill yang kamu perlukan, sekaligus mengasah kemampuanmu di dunia nyata.

Tunggu apalagi, segeralah bergabung di Program Bisnis Digital Jurusan Administrasi Unpar! (DAN – Divisi Publikasi)