Home / Berita Terkini / Tingginya Partisipasi Perempuan dalam Kewirausahaan

Tingginya Partisipasi Perempuan dalam Kewirausahaan

108jakarta.com – Pada 5-8 Februari 2017 di Kuala Lumpur diselenggarakan pertemuan tahunan Global Entrepreneurship Monitor (GEM) sekaligus peluncuran laporan GEM 2016/2017.

Global Entrepreneurship Monitor merupakan konsorsium penelitian mengenai kewirausahaan yang terbesar di dunia. Dalam kegiatan ini, GEM melaporkan bahwa kewirausahaan secara global meningkat. Peningkatan ini disertai dengan aspirasi positif dari para wirausaha di dunia.

Sekitar 55 persen dari total wirausaha yang disurvei oleh GEM di berbagai negara di seluruh dunia menyatakan mau menambah tenaga kerjanya dalam lima tahun ke depan.

Secara global, banyak faktor yang dapat menghambat pertumbuhan kewirausahaan, termasuk penggunaan teknologi informasi dan komunikasi yang modern, peraturan ketenagakerjaan yang kurang fleksibel, kurangnya tenaga kerja terampil atau berpendidikan, terbatasnya akses pembiayaan maupun pilihan untuk tetap menjadi usaha kecil untuk menghindari komplesitas admnistrasi dan peraturan.

Dalam penelitian GEM, terdapat indikator TEA yang bersifat stabil dari tahun ke tahun. Di tahun 2016, sama rata-rata jumlah wirausaha pada tahap awal atau TEA (Total Early-stage Entrepreneurial Activity),  yang diukur dari persentase penduduk usia 18-64 yang merupakan wirausaha yang baru lahir atau pemilikusaha baru cenderung  tinggi pada negara yang masuk dalam kategori pertumbuhan ekonomi  factor driven, dan menurun pada negara yang masuk dalam kategori  efficiency-driven  dan innovation-driven.

GEM Indonesia dimotori oleh Universitas Katolik Parahyangan, Bandung dan rutin melakukan survey kewirausahaan sejak tahun 2013. Hasil survei GEM Indonesia meliputi hampir 20.000 responden dari berbagai daerah di Indonesia dan telah mewawancara lebih dari 100 ahli di bidang kewirausahaan untuk menilai kekuatan dari ekosistem kewirausahaan Indonesia. Laporan GEM Indonesia dapat diperoleh dari website lppm.unpar.ac.id. (suh)

 

Sumber: news.108jakarta.com