Home / Berita Terkini / Tim Unpar Raih Juara II dalam Nafigation 2019 UGM
Tim Unpar dalam Nafigation 2019, Richard Theo (HI 2016), Ruth Latreia Saphira (HI 2018), dan Aloysius Efraim (HI 2017)

Tim Unpar Raih Juara II dalam Nafigation 2019 UGM

Tiga mahasiswa Hubungan Internasional Universitas Katolik Parahyangan (HI Unpar), yaitu Ruth Latreia Saphira (HI 2018), Aloysius Efraim (HI 2017), dan Richard Theo (HI 2016) berhasil meraih juara dua dalam kategori Paper pada perlombaan National Infographic & Paper Competition 2019 (Nafigation 2019) yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset Populer & Aplikatif, Kabinet Energi Milenial, Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa Universitas Gadjah Mada (BEM KM UGM).

Perlombaan Nafigation yang diadakan di Jogja pada 31 Agustus lalu bertemakan “Exploring ASEAN in The Age of Globalization”. Pada perlombaan ini, tim Unpar berhasil menyusun karya ilmiah dengan judul “Triangulasi Konsep Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) untuk Menjembatani Kesenjangan Keterampilan di Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).”

“Kita memilih topik tersebut karena kita merasa tertarik kepada konsep KPBU itu sendiri dan juga melihat dari persentase kesenjangan keterampilan di MEA yang tinggi, perlu adanya tindakan yang dapat dilakukan oleh ASEAN,” jawab Ruth.

Ruth dan timnya merasa senang saat mendapatkan juara kedua karena hasil kerja kerasnya dapat terbayarkan. “Selain bermanfaat untuk mengasah kemampuan analisis dan menulis, mengikuti lomba seperti ini juga berguna untuk menambah networking dan menjaga tingkat produktivitas,” tutup Richard.(YJR/DAN)