Home / Berita Terkini / TIm Unpar Masuk Tiga Terbaik Ekoji Challenge #2

TIm Unpar Masuk Tiga Terbaik Ekoji Challenge #2

Mahasiswa Informatika Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) berhasil masuk dalam tiga tim terbaik dalam Ekoji Challenge #2. Kompetisi bertema “Smart Scheduling” ini diinisiasi oleh Prof. Richardus Eko Indrajit atau akrab disapa Prof. Ekoji. Dalam kompetisi ini, mahasiswa informatika dari berbagai universitas di Indonesia berkompetisi dalam pemrograman dan algoritma melalui tantangan yang harus diselesaikan dalam waktu terbatas.

Pada kompetisi ini, 134 tim bersaing menciptakan program penjadwalan pintar dalam menjawab studi kasus pembagian jam pelatihan di “Ekoji Academy”. Sebanyak 18 tim, termasuk dua tim dari Informatika Unpar, berhasil lulus dari tantangan tersebut sesuai tenggat waktu yang diberikan yaitu delapan jam. Salah satu tim dari Unpar yang beranggotakan Jiang Han, Bryan Heryanto, dan Warren Mazmur berhasil masuk dalam tiga besar kompetisi ini.

Melalui siaran langsung pada kanal YouTube Ekoji Channel, Jiang Han selaku perwakilan Unpar membagikan pengalamannya mengikuti Ekoji Challenge #2 ini. Tim Unpar hanya membutuhkan selama kurang dari 7 jam, mulai dari perancangan algoritma hingga pembuatan program dan desain antarmuka (UI/UX). Meskipun tidak dapat bertemu langsung, Tim Unpar memanfaatkan teknologi untuk berdiskusi dan bekerja secara virtual.

Tentunya merancang program dalam waktu singkat tidak lepas dari tantangan. Saat algoritma diujicobakan dalam program, perlu dilakukan pencarian masalah atau bug sehingga program yang dihasilkan berjalan sempurna. Karenanya, menurut mahasiswa semester lima ini, kegiatan tersebut sangat bermanfaat bagi Tim Unpar. “Melalui challenge seperti ini, kita bisa belajar membuat program yang utuh,” ujarnya, selain juga menjadi sarana belajar bekerja tim jarak jauh.

Selamat atas prestasi yang diraih oleh Tim Informatika Unpar! (DAN – Divisi Publikasi)