Home / Berita Terkini / Tim Sipil Unpar Juara 2 Lomba Tender Competition ICEE

Tim Sipil Unpar Juara 2 Lomba Tender Competition ICEE

Pada Minggu (27/1/2019), Tim Rajawali Parahyangan Perkasa dari Program Studi Teknik Sipil Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) berhasil mendapatkan juara 2 dalam lomba Tender Competition yang diadakan oleh Institut Teknologi Bandung (ITB) pada acara The 3rd ITB Civil Engineering Expo (ICEE). Pada tahun 2019 ini kompetisi ICEE bertemakan “Modern Methods of Construction”.

“Jadi kami diminta untuk menawarkan metode pelaksanaan konstruksi gedung Center for Infrastructure and Built Environment (CIBE) se-modern mungkin, beserta dengan anggaran biaya dan penjadwalan pelaksanaan proyek yang direncanakan,” jelas Melisa, salah satu anggota tim, terkait lomba yang diikuti.

Tim Rajawali Parahyangan Perkasa terdiri dari tiga mahasiswa Teknik Sipil yaitu Gabriella Laurencia Liman, Melisa Christina, dan Fernando Oscar Hayrera. Saat ditanya alasan mengikuti lomba ini, Melisa menjawab karena lomba ini berbeda dengan lomba-lomba yang pernah mereka ikuti sebelumnya. Jika lomba sebelumnya hanya berfokus kepada efisiensi biaya saja, lomba ini berfokus kepada inovasi metode perancangan.

Tim Rajawali Parahyangan Perkasa mengaku bahwa banyak hal-hal yang didapat dari mengikuti lomba tersebut. Seperti misalnya belajar untuk membagi waktu dan juga belajar ilmu-ilmu baru selama mengerjakan proyek ini. “Pertama bagi waktu sih, soalnya waktu lomba ini kami bertiga sama-sama lagi ambil kerja praktek, jadi lumayan susah untuk nyocokin waktu bertemu. Kedua, kami (jadi) banyak tau metode baru yang ngga dijelasin di kampus. Ketiga, kami belajar bagaimana menjelaskan hal yang baru ini ke orang lain dan buat orang lain percaya bahwa hal baru yang kita tawarkan ini lebih baik dari yang sudah ada dan bisa diterapkan,” tutur Melisa.

Melisa mengungkapkan bahwa timnya tidak mendapatkan banyak kendala selama melakukan persiapan mengikuti lomba tersebut, hanya saja sulit untuk mencocokan waktu dan mencari pustaka guna memperkuat argumen mengenai aplikasi dan metode yang dipilih.

ICEE merupakan acara Civil Engineering Expo ITB yang dilaksanakan untuk meningkatkan wawasan mahasiswa mengenai isu di bidang keprofesian Teknik Sipil. Tujuan lain dari acara ini adalah agar mahasiswa dapat lebih mengetahui isu-isu terkini yang akan berguna saat mahasiswa memasuki dunia kerja.