Home / Berita Terkini / Tim Forward Unpar Juara I Kompetisi Contract Drafting Airlangga Business Week 2019

Tim Forward Unpar Juara I Kompetisi Contract Drafting Airlangga Business Week 2019

Tim Forward Fakultas Ilmu Hukum Universitas Katolik Parahyangan (FH Unpar) meraih Juara I Contract Drafting dan mendapatkan penghargaan Best Contract dalam kompetisi Contract Drafting di Airlangga Business Week 2019. Rangkaian acara kompetisi ini diselenggarakan pada 1 – 3 Maret 2019 di Universitas Airlangga, Surabaya.

Forward 198 (Forum of Writing and Receptive Discussion 198) adalah sebuah komunitas di Program Studi FH Unpar yang memiliki minat dalam karya tulis ilmiah di bidang hukum. Pada kesempatan kali ini, Unpar memberangkatkan 8 mahasiswa dari komunitas Forward 198, yaitu Melati Ramadhani Suari, Raissa Anjani, Prisma Sekar Nastiti, Aghnia Zharfa Nazihantya, Theodore Lukas, Andreas Kevin Simanjorang, Kenny Wiranata, dan Michele Ariesta Sanjaya untuk mengikuti kompetisi tersebut.

Airlangga Business Week merupakan ajang kompetisi Legal Opinion dan Contract Drafting bagi seluruh mahasiswa/i fakultas hukum seluruh Indonesia. Kali ini Airlangga Business Week mengangkat tema “Pengadaan Barang dan Jasa”.

Rangkaian acara diawali dengan opening ceremony dan seminar nasional yang berjudul “Prinsip Penyelesaian Sengketa Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah yang Memberikan Perlindungan terhadap Akuntabilitas Keuangan Negara”. Pada hari ke-2, peserta mengikuti kompetisi yang berbentuk role play dan mencoba untuk menyelesaikan kasus yang disajikan melalui negosiasi, presentasi isi kontrak dan sesi tanya jawab. Pada hari terakhir, Universitas Airlangga selaku tuan rumah mengajak para finalis kompetisi untuk mengikuti karya wisata mengelilingi Kota Surabaya. Rangkaian acara kemudian ditutup dengan closing ceremony di mana pemenang lomba diumumkan.

Persiapan untuk mengikuti lomba ini tidaklah mudah. Selama satu bulan anggota tim mempersiapkan diri menyusun berkas kontrak yang disesuaikan dengan tema untuk diseleksi masuk ke babak final. Tim Forward Unpar berhasil lolos ke babak final beserta lima delegasi lainnya dari Universitas Indonesia, Universitas Gajah Mada, Universitas Negeri Sebelas Maret,  dan Universitas Hasanuddin.

“Kami pun tidak menyangka akan lolos ke babak final, apalagi mendapatkan Juara Pertama,” ungkap Melati saat ditanyakan tentang pengalamannya mengikuti kompetisi ini. “Awalnya kami (Tim Forward) sedikit ragu mengenai kompetisi ini. Namun setelah dibimbing oleh senior pendahulu Forward, akhirnya kami yakin untuk terus maju dan merubah mindset kami bahwa kami bertujuan untuk mencari pengalaman,” tambahnya.

Manajemen waktu menjadi tantangan bagi anggota tim, mengingat beberapa anggota termasuk Melati sudah memasuki semester 6 dan beberapa yang memiliki kesibukan lainnya. Walaupun demikian, anggota merasa senang telah mendapatkan teman baru dan dapat mempererat hubungan antar anggota tim setelah mengikuti kompetisi ini.

Keberhasilan ini diharapkan dapat menaikan semangat mahasiswa untuk terus berprestasi dan mengharumkan nama Unpar dalam kompetisi nasional. “Sangat berharap semakin banyak orang lebih tertarik untuk mencoba mengikuti kompetisi ini. Menang kalah itu biasa, dan memang persiapannya juga cukup panjang, tapi pengalamannya tidak tergantikan!” harap Melati.