Home / Berita Terkini / Tiga Mahasiswa Unpar Menangkan Debat Manajemen

Tiga Mahasiswa Unpar Menangkan Debat Manajemen

Parahyangan English Debate Society (PEDS) meraih juara 3 pada Eureca Cup yang diselenggarakan oleh Universitas Prasetiya Mulya di Bumi Serpong Damai (BSD) City pada Selasa (28/2) sampai Jumat (3/3).

Tim yang terdiri dari dua mahasiswi Ilmu Hubungan Internasional (HI) angkatan 2013, Jeanne Sanjaya dan Ancilla Pramudita, dan satu mahasiswa Teknik Sipil angkatan 2015, Marcelino Raditya, membawa pulang sejumlah uang, sertifikat, serta plakat.

Marcel, sapaan Marcelino Raditya, menyebutkan lomba bertema manajemen ekonomi ini terdiri dari beberapa kategori, seperti business plan, English debate competition, dan marketing. Ia mengatakan, kompetisi yang sudah diadakan enam kali ini baru tahun ini menyelenggarakan lomba debat berbahasa Inggris karena tahun-tahun sebelumnya menggunakan bahasa Indonesia.

Menurut Jeanne, persiapan tim tidak lebih dari tiga minggu, termasuk mempersiapkan mosi, memperoleh data, dan melakukan penelitian. Ancilla menambahkan, setiap sebelum lomba berlangsung, tim akan melakukan brainstorming.

“Kita latihan tidak setiap hari. Membuat prepared motion sambil web-cam atau saling telpon karena Jeanne sedang magang di Jakarta, adik kita satu ini mau ujian (Ujian Tengah Semester), saya pun kerja sambil mengerjakan skripsi juga. Jarang sekali kita ngumpul. Bertemu pun seminggu sekali, sebisanya saja,” sambung Ancilla.

Jeanne menjelaskan, tim latihan dengan mencari data dan memasukkannya ke dalam analisa-analisa yang sudah dibuat untuk dijadikan mosi. Dengan ditambahkan contoh dan fakta, Ancilla menambahkan, kekuatan argument akan lebih kuat. Karena PEDS mengirimkan dua tim untuk berlomba di Eureca, Ancilla cs. melakukan sparring dengan tim lainnya.

Meskipun ketiga mahasiswa ini bukan berasal dari jurusan manajemen atau ekonomi, namun dengan sering membaca dan melakukan riset, menurut Marcel, memahami materi menjadi lebih mudah meskipun banyak menemui istilah-istilah yang asing ia dengar.

“Untungnya, materi ekonomi (di Eureca) general knowledge, jadi enggak banyak yang harus dikejar. Yang penting sih, membantu rekan-rekan setim yang sudah lebih berpengalaman di PEDS dan ekonomi,” ujar Marcel sambil tersenyum memandang kedua rekannya.

Pada semifinal melawan tim dari Universitas Indonesia (UI), Jeanne menyebutkan, hasil akhir juri yang terdiri dari tiga orang itu terbagi menjadi 2:1 yang mana satu diantaranya memenangkan Ancilla cs.

“Kita selalu kalah tipis, tetapi kita jadi belajar dan motivasi untuk kita. Kita sangat mungkin mengalahkan mereka, bisa memperbaiki (yang kurang). We could be better,” ujar Ancilla.