Home / Berita Terkini / Teladani Sosok Kartini Bersama WISSEMU

Teladani Sosok Kartini Bersama WISSEMU

Setiap tanggal 21 April, sudah menjadi tradisi seluruh masyarakat khususnya perempuan Indonesia memperingati Hari Kartini. Sosok Kartini sangat inspiratif. Pahlawan bangsa yang berjasa memperjuangkan emansipasi wanita ini bernama lengkap Raden Adjeng Kartini, lahir di Jepara, 21 April 1879. Berbagai karya dan buku telah dihasilkan semasa hidupnya – salahatu yang paling terkenal berjudul “Habis Gelap Terbitlah Terang”. Perjuangan Kartini semasa hidupnya menjadikan beliau teladan bagi generasi masa kini.

Tak terkecuali bagi tim The Women of Indonesia’s Seven Summits Expedition Mahitala Unpar (WISSEMU), kelompok yang beranggotakan tiga perempuan cantik ini dikenal karena keberanian dan kepiawaian mereka menaklukan puncak-puncak gunung tertinggi di dunia. Bertepatan dengan peringatan Hari Kartini (21/4) lalu, WISSEMU mengundang seluruh mahasiswa/i bersama-sama memperingati Hari Kartini bertempat di Student Center, Fakultas Teknik, Universitas Katolik Parahyangan (Unpar). Acara singkat yang digelar pukul 15.00-18.00 ini beragendakan pemutaran film pendek dan acara makan bersama.

Salah satu video yang diputar oleh tim WISSEMU memperlihatkan cuplikan bagaimana ketiganya saat mendaki gunung dan disertakan gambar sketsa sosok Kartini berikut dengan kutipan sang pahlawan. Dalam video berdurasi 28 detik tersebut sangat terlihat bahwa wanita masa kini memiliki derajat yang sama dengan pria. Wanita bisa melakukan pekerjaan serta aktivitas apapun laiknya pria seperti halnya mendaki gunung. Video yang juga di-upload ke youtube.com tersebut mengutip salah satu pesan luar biasa dan penuh inspiratif R. A. Kartini yang berbunyi, “Terkadang, kesulitan harus kamu rasakan terlebih dahulu sebelum kebahagiaan yang sempurna datang kepadamu.”

Antusiasme para mahasiswa/i yang datang sekaligus suasana haru mengenang sosok Ibu Kartini begitu terasa. Kisah perjuangan Kartini memang sudah seharusnya diteladani oleh seluruh generasi, termasuk menghargai jasa-jasa beliau dan selalu memperingati Hari Kartini dengan sebaik-baiknya.