Home / Berita Terkini / Teknik Sipil Unpar Raih 3 Juara di Civil National Expo 2018

Teknik Sipil Unpar Raih 3 Juara di Civil National Expo 2018

Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) meraih sejumlah prestasi dalam Civil National Expo 2018 yang diselenggarakan oleh Universitas Tarumanagara. Pencapaian tersebut diraih oleh tiga tim Teknil Sipil Unpar yaitu Tim Pacivic Clover, Tim Pacivic V.M.A, dan Tim Rajawali Parahyangan Perkasa.

Dalam babak final yang berlangsung pada 4-5 Mei lalu, Tim Pacivic Clover yang beranggotakan Angelina Prisilia Pradana, Rocky Mountainshia, dan Soni Satria Gunawan berhasil mendapatkan Juara 1 dalam Lomba Beton Nasional Ke-22. Tim Pacivic V.M.A yakni Kevin Martandi Setianto, Angela Florencea Nirwanto, dan Ignasius Alvin Yo meraih Juara 2 Lomba Analisis Pondasi. Kemudian, Juara 2 Estimasi Biaya Proyek diraih oleh Tim Rajawali Parahyangan Perkasa yang terdiri dari Melisa Christina, Gabriella Laurencia Liman, dan Fernando Oscar Hayrera.

Adapun, Civil National Expo terbagi ke dalam empat kategori lomba yakni Lomba Beton Nasional ke-22, Lomba Estimasi Biaya Proyek, Lomba Analisis Pondasi, dan Lomba Analisis Transportasi.

Lomba Beton Nasional diadakan untuk mengetes ketepatan perencanaan kuat tekan beton  yang dibuat oleh peserta. Peserta diharuskan membuat campuran beton yang kreatif sesuai dengan tema lomba yakni “Ultra High Performance Concrete With Fiber”. Penilaian dalam perlombaan ini dilakukan melalui satu jenis sistem penilaian yakni uji tekan.

Melalui Lomba Estimasi Biaya Proyek diharapkan peserta dapat menjadi bibit baru sebagai seorang estimator. Analisa dapat dilakukan melalui studi pustaka, eksperimen langsung ke lapangan, studi kasus, maupun cara lainnya. Dari hasil analisa tersebut, peserta dapat menentukan harga termurah untuk mengerjakan sebuah proyek.

Lalu, peserta yang mengikuti Lomba Analisis Pondasi menganalisis gaya lateral yang bekerja pada pondasi tiang dengan data yang diberikan oleh panitia. Penilaian ditinjau dari efisiensi, pendekatan dan metode yang dilakukan oleh peserta lomba.

Sedangkan dalam Lomba Analisis Transportasi  peserta menganalisis sistem transportasi umum di Indonesia dengan data yang diberikan oleh panitia. Penilaian ditinjau dari pendekatan dan metode yang dilakukan oleh peserta lomba.

Referensi:

Instagram: @pm_unpar

https://www.channelpondasi.com/ebp18.html