Home / Berita Terkini / Teknik Kimia Unpar Kembali Adakan DISCOVER 2017

Teknik Kimia Unpar Kembali Adakan DISCOVER 2017

Dig Into Science Novelty Expo and Tour (DISCOVER) 2017 kembali digelar oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Teknik Kimia (HMPSTK) Universitas Katolik Parahyangan (Unpar), bekerjasama dengan Program Studi Teknik Kimia Unpar pada Senin (20/2) lalu. DISCOVER yang merupakan kegiatan Pekan Ilmiah Teknik Kimia adalah sebuah program kerja HMPSTK yang diadakan rutin setiap tahunnya.

Acara ini merupakan perlombaan karya ilmiah untuk siswa/i SMA jurusan IPA. Kegiatan tersebut bertujuan untuk memperkenalkan Teknik Kimia Unpar kepada para siswa SMA serta untuk menarik minat mereka tentang bidang keilmuan Teknik Kimia.

DISCOVER tahun ini diikuti oleh 10 tim finalis dari tujuh sekolah menengah atas se-Indonesia. Setiap tim memaparkan dan mempresentasikan karya yang telah mereka buat. Selain perlombaan antar SMA, acara ini juga diisi oleh Tour Laboratorium Teknik Kimia Unpar, Science Expo, dan Bazaar.

Setelah melewati proses final, peserta yang berhasil meraih gelar juara dalam DISCOVER 2017 adalah SMA Kristen Trimulia Bandung (Juara 1) dengan judul makalah “Pembangkit Listrik Hybrid dengan Pemanfaatan Limbah Kabel, Atap Seng, dan Sampah Organik”, SMA Xaverius 1 Palembang (Juara 2) dengan judul makalah “Pengolahan Limbah Organik dan Kotoran Hewan dengan Katalis EM-4 sebagai Penghasil Listrik”, SMA Santo Paulus Pontianak (Juara 3) dengan judul makalah “Pemanfaatan Zat Antosianin dalam Ekstrak Buah Karamunting (Octocharis Bornensis) sebagai Fotosensitizer dalam Dye Sensitized Solar Cell, serta Juara Favorit diraih oleh SMA Xaverius 1 Palembang dengan judul makalah “Reaksi Esterifikasi Minyak Jelantah dengan Katalis CaO(s) dalam Pembuatan Biodiesel”. Para siswa/i yang berhasil menjadi pemenang berhak mendapatkan thropy, sejumlah uang tunai jutaan rupiah, serta beasiswa Unpar untuk Prodi Teknik Kimia.

DISCOVER tahun ini mengangkat tema ‘Energi Alternatif’ dimana para siswa diajak untuk berpikir kreatif dengan menemukan suatu sistem pengolahan limbah yang mengubahnya menjadi suatu bahan jadi. “Breakthrough, Renewable, and Sustainable Energy from Waste” menjadi pengembangan dari tema yang diangkat untuk lomba kali ini. Diharapkan inovasi tersebut dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi alternatif yang ramah lingkungan untuk jangka panjang.