Home / Berita Terkini / Teknik Informatika Unpar, Mencetak Informatikawan yang Handal dan Berdaya Saing Tinggi

Teknik Informatika Unpar, Mencetak Informatikawan yang Handal dan Berdaya Saing Tinggi

Informatika adalah bidang ilmu yang mempelajari bagaimana cara memecahkan permasalahan manusia dengan bantuan komputer.

Saat ini, tuntutan pasar akan tenaga kerja yang mempunyai kompetensi tinggi di bidang informatika sangat besar. Hal ini disebabkan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang sangat pesat. TIK berperan hamper dalam semua bidang kehidupan manusia. Besarnya peluang kerja di bidang informatika menarik minat banyak pelajar SMA dan para orangtua yang kemudian mendorong anaknya untuk meneruskan studinya di program studi informatika atau sejenis. Perguruan tinggi pun menanggapi hal ini dengan mendirikan program studi yang berkaitan dengan TIK.

Besarnya animo para lulusan SMA untuk menjadi informatikawan tentu sangat diharapkan oleh banyak pihak. Pemerintah dan dunia industry akan sangat terbantu dengan adanya sarjana informatika yang handal dalam jumlah besar. Namun, sayangnya, tidak sedikit para mahasiswa yang mengalami kesulitan selama kuliah dan bahkan tidak berhasil menyelesaikan studinya. Sebuah situasi yang tentu saja sangat tidak diharapkan.

Penyebab utama dari kondisi tersebut adalah kurangnya pemahaman tentang informatika. Saat ini, TIK bukan mata pelajaran wajib di SMA. Tidak ada kurikulum standar yang berlaku. Kurikulum diserahkan kepada masing-masing SMA yang membuka mata pelajaran TIK. Tidak adanya tenaga pengajar yang berlatar belakang Informatika menyebabkan sebagian SMA kesulitan dalam menentukan materi pelajaran TIK. Materi yang diberikan sering kali sebatas penggunaan program aplikasi pengolah dokumen, pengolah gambar, dan lain-lain. TIdak mengherankan jika para murid SMA mengira bahwa isi dari kuliah informatika adalah belajar “menggunakan” program dan bukan “mengembangkan” program yang menuntut kemampuan analisis, logika berpikir yang sangat baik, dan dasar matematika yang cukup kuat. Hal-hal inilah yang tidak atau kurang dipersiapkan semasa mereka belajar di SMA.

Penyebab yang lain adalah tidak banyak mahasiswa baru yang sudah mengenal cara belajar di tingkat perguruan tinggi. Cara belajar di perguruan tinggi yang lebih menuntut kemandirian tentu berbeda dengan cara belajar di SMA. Para lulusan SMA yang tidak dibekali dengan pengetahuan tentang ini akan mengalami kesulitan untuk beradaptasi dengan lingkungan perguruan tinggi.

Berdasarkan analisisi tersebut, Program Studi S-1 Teknik Informatika Unpar mengadakan sebuah kegiatan untuk memberikan wawasan tentang bidang informatika dan mempersiapkan siswa-siswa SMA memasuki pendidikan tinggi. Kegiatan ini diberi nama “Pre University Courses in Computer Science for Highschool Students”.

Tujuan yang ingin dica[ai dari kegiatan ini adalah 1) memberikan sebagian pengetahuan dasar pada siswa tentang apa yang akan dipelajari di program studi Informatika, terutama di Teknik Informatika Unpar, 2) membekali siswa dengan kompetensi di bidang pemrograman, 3) memberi pengetahuan dasar kepada siswa tentang perangkat keras dan jaringan computer, dan 4) memberi pengalaman nyata kepada siswa tentang kehidupan perkuliahan, khususnya sebagai mahasiswa Teknik Informatika Unpar.

Di samping itu, kegiatan ini bermaksud untuk meningkatkan prestasi siswa Indonesia di bidang informatika yang saat ini masih minim. Kurang pembinaan mengakibatkan tidak optimalnya pemanfaatan potensi siswa-siswa Indonesia yang sebenarnya sangat baik. Oleh karena itu, materi pemrograman yang diberikan dirancang sedemikian rupa untuk memberikan bekal kepada siswa-siswa SMA yang ingin bertanding di Olimpiade Sains Nasional (OSN).

Kegiatan yang berupa pelatihan ini diadakan setiap minggu selama periode tertentu, dengan durasi 2 jam di tiap pertemuannya. Selama pelatihan, siswa berhubungan langsung dengan staf pengajar serta para mahasiswa Teknik Informatika Unpar. Dengan demikian, selain kemampuan dan pengetahuan, siswa akan mendapatkan pengalaman seperti mengikuti perkuliahan.

Teknik Informatika Unpar telah berdiri sejak 1996 dengan nama Ilmu Komputer. Nama tersebut berubah menjadi Teknik Informatika sejak 10 Desember 2008. Sampai saat ini Teknik Informatika Unpar telah menghasilkan ratusan sarjana informatika yang andal dan berdaya saing tinggi. Sebagian besar lulusan berhasil melanjutkan studi di perguruan tinggi bergengsi di dalam maupun luar negeri.

Selain membekali mahasiswa dengan kompetensi dalam bidang informatika (hard skill) yang kuat, Teknik Informatika Unpar selalu mengupayakan pengembangan softskill dan karakter mahasiswa melalui kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler. Jiwa kewirausahaan juga tidak lupa ditanamkan kepada para mahasiswa. Tidak sedikit lulusan IT Unpar yang berhasil menjadi wirausahaan. Karya nyata para lulusan Teknik Informatika Unpar juga sudah mulai dikenal di masyarakat, diantaranya adalah system navigasi transportasi umum KIRI (http://kiri.travel) dan games Own Super Squad (www.own-games.com). [Unpar/Cecilia E. Nugraheni]

 

Sumber: Kompas – Griya Ilmu (Selasa, 10 November 2015), “Teknik Kimia Unpar, Mencetak Informatikawan yang Andal dan Berdaya Saing Tinggi”.