Home / Berita Terkini / Technical Meeting dan Diskusi Film Sambut Unpar Movie Awards

Technical Meeting dan Diskusi Film Sambut Unpar Movie Awards

Sehubungan dengan program revitalisasi Sungai Citarum “Citarum Harum Juara” yang digagas oleh Presiden Joko Widodo pada tahun 2018, Kampus Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) turut serta memberikan kepedulian dan kontribusinya terhadap kondisi Sungai Citarum yang saat ini sudah sangat memprihatinkan.

Sebagai salah satu program pengabdian kepada masyarakat, Program Magister Ilmu Sosial bekerjasama dengan pusat penelitian Center for Human Development and Social Justice (CHUDS) menyelenggarakan Unpar Movie Awards, sebuah festival pembuatan film dokumenter tentang Sungai Citarum bertajuk “Restorasi Sungai Citarum Melalui Karya Film Dokumenter”.

Permasalahan utama yang dihadapi oleh Sungai Citarum adalah karena kurangnya pengetahuan masyarakat akan kebersihan dan fungsi sungai. Maka dari itu, tujuan dari diadakannya festival film ini adalah sebagai alat untuk mengungkapkan persoalan yang ada di Sungai Citarum sehingga dapat mengedukasi masyarakat.

Pada Selasa (7/5/2019), Unpar Movie Awards menggelar Technical Meeting di Aula Pascasarjana Unpar yang juga mengajak sutradara ternama Indonesia yaitu Jay Subiyakto dan Oscar Motuloh untuk memberikan saran dan berbagi pengalaman dalam pembuatan film dokumenter. Selain itu, juga digelar diskusi film BANDA bersama Jay Subiyakto.

Unpar Movie Awards merupakan suatu festival perlombaan yang berbeda, yang mana ingin mencari film-film dokumenter hasil karya mahasiswa yang bisa mengungkapkan kondisi sungai dari sudut pandang yang berbeda. Peserta dapat mengirimkan hasil karyanya dengan durasi film 20-30 menit yang mengangkat isu seputar lingkungan, gender, kebersihan, kesehatan, atau permasalahan lainnya. Pendaftaran dibuka sampai pertengahan bulan Juli dan peserta dapat mengirimkan data diri ke alamat email: filmcitarum@gmail.com. Pemenang akan diumumkan akhir Juli 2019 dengan total hadiah senilai Rp.10.000.000,00.