Home / Berita Terkini / Tantangan Mengolah Limbah Jadi Manfaat di DISCOVER 2019

Tantangan Mengolah Limbah Jadi Manfaat di DISCOVER 2019

Siapa bilang limbah produk pangan harus melulu dibuang? Bisakah limbah diolah menjadi produk yang bermanfaat?

Tantangan inilah yang diberikan kepada para peserta Dig Into Science Novelty Expo and Tour (DISCOVER) 2019. Acara yang mengangkat tema “Pengolahan Limbah Pangan Menjadi Inovasi Produk Non-Food Fast Moving Consumer Goods” ini dipusatkan di kampus Universitas Katolik Parahyangan (Unpar), pada Senin (11/2/2019).

Tercatat 12 tim dari berbagai sekolah menengah atas dan kejuruan (SMA/SMK/sederajat) di seluruh Indonesia yang berhasil lolos dan diundang ke Unpar untuk memamerkan sekaligus mempresentasikan hasil karya mereka. Selain itu, mereka juga mendapatkan kesempatan untuk mengenal lebih dekat Program Studi Sarjana Teknik Kimia Unpar. Kegiatan DISCOVER sendiri terdiri dari beberapa mata acara, seperti Lomba Karya Ilmiah Teknik Kimia antar-SMA dan sederajat, seminar, tour lab, dan science expo.

Ada banyak hal menarik yang Tim Publikasi amati saat berkunjung ke Science Expo DISCOVER. Pameran ini utamanya diisi dengan hasil karya para peserta lomba, mulai dari penjelasan atas penelitian yang mereka lakukan, hingga sampel produk yang bisa dicoba secara langsung oleh pengunjung. Hasil karya mereka sangat beragam, seperti produk pembersih tangan dari limbah kulit kopi, tabir surya hasil olahan kulit telur, hingga produk balsem bibir (lip-balm) yang dibuat dari mentimun dan sereh.

Mahasiswa Unpar turut ambil bagian dalam pameran ini. Salah satunya adalah Tim Arsenio 2.0 yang memamerkan purwarupa kendaraannya. Kendaraan serupa mobil ini digerakkan oleh ‘reaktor’ yang ditenagai dengan sel baterai alumunium dan dikendalikan lewat sensor LDR dan reaksi iodin. Tim Bengkel Sains Unpar juga turut berpartisipasi dalam kegiatan ini melalui berbagai eksperimen sains yang menarik.

Adapun, daftar pemenang lomba DISCOVER 2019 sebagai berikut: Juara 1 diraih oleh SMAK 3 BPK Penabur Bandung dengan hasil karya produk olahan “Kekuang”; Juara 2 SMAN 1 Tambun Selatan (Tim C) dengan hasil karya produk olahan “Kulih buah nanas”; dan Juara 3 diraih oleh SMKN 1 Temanggung dengan hasil produk olahan “G-BioAnkuko”.

DISCOVER merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Teknik Kimia (HMPSTK) Unpar sebagai rangkaian acara Parahyangan Chemical Engineering Event (PCE). Selain mewadahi kreativitas siswa-siswi sekolah menengah di bidang teknik kimia, DISCOVER juga menjadi ajang pengenalan kepada para calon mahasiswa untuk bergabung di Teknik Kimia Unpar.