Home / Berita Terkini / Sukses Bekerja di Perusahaan Multinasional

Sukses Bekerja di Perusahaan Multinasional

Pada Rabu (20/5/2020), Biro Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Katolik Parahyangan (BKA UNPAR)  mengadakan Webinar bertajuk “Survive on Working at Multinational Company (MNC)”. Kegiatan ini dibawakan oleh Ayu Pritandya Pertiwi dari BKA UNPAR dan menghadirkan Paulin Agustina sebagai pembicara. 

Beliau adalah alumni FISIP UNPAR program studi Administrasi Bisnis 2001 dan sekarang tengah bekerja sebagai Personal Assistant PT. Bukit Ashar. Sebelum menggeluti profesi yang tengah Ia jalani, Paulin pernah bekerja di beberapa perusahaan seperti DAMCO/MAERSK Logistik, Singapore Airlines, PT. Lestari Inovasi Cemerlang, dan PT. CB Advisory – Coldwell Banker Indonesia Kegiatan dibuka dengan kata sambutan oleh Mangadar Situmorang, Ph.d. selaku rektor UNPAR.

Mengenal Perusahaan Multinasional

Menurut Paulin, perusahaan multinasional ialah perusahaan yang beroperasi di lebih dari 1 negara selain negaranya sendiri dan dikenal sebagai Global Enterprises. Ciri-ciri dari MNC mempunyai aset yang besar diimbangi dengan target pencapaian yang besar, manajemen kantornya (head office) berada di negara asalnya, banyak berinvestasi dalam hal teknologi, dan pemasaran/ marketing yang sangat agresif.

Tujuan MNC mengekspansi perusahaannya agar lebih dekat dengan target pasar internasional mereka sehingga mengurangi biaya transportasi, Selain itu biaya operasional lebih rendah di negara berkembang dan bisa melakukan outsourcing (mengajak perusahaan lokal untuk bekerja sama membuat barang yang identik). Eksistensi MNC tentunya tidak akan mudah dijatuhkan oleh kompetitor lain. MNC juga memberikan keuntungan bagi negara asal berupa pemberian royalti atau arus valas.

Bagi host country, MNC memberikan berbagai keuntungan seperti mengurangi pengangguran, masuknya modal asing ke negara, memaksimalkan sumber daya yang ada, dan menghancurkan monopoli yang merugikan. 

Keuntungan yang didapat bagi karyawan MNC sangat banyak dibanding bekerja di kebanyakan perusahaan lokal Cara berpikir dan budaya yang berbeda akan membuat suatu keragaman dalam hubungan dan budaya kerja yang patut untuk dipelajari dan dihadapi. Bekerja di perusahaan multinasional akan memberikan kesempatan untuk menjelajahi negara yang belum pernah dikunjungi, selain itu akan memiliki pengalaman project yang melibatkan perusahaan asing serta membuka relasi kerja yang lebih luas lagi.

Saran Berkarir

Sebelum bekerja di MNC, Paulin memberikan beberapa saran, “Ketahui diri kamu sendiri dari segi karakter, personality, kekuatan, dan kelemahan, tentukan pekerjaan dan perusahaan yang kamu mau, lakukan riset terlebih dahulu, dan persiapan menghadapi interview dan test.”. Terkadang pelamar hanya menyertakan resume tanpa cover letter. Padahal cover letter adalah cara untuk mengetahui seberapa niat masuk ke perusahaan tersebut. 

Setelah diterima, ada 5 sikap yang harus ditanamkan dalam diri kita untuk survive di MNC yakni berpikiran terbuka, sikap dapat melakukan segala hal (meskipun tidak bisa setidaknya sudah mencoba terlebih dahulu), profesional, bekerja secara cerdas, dan menjaga integritas agar dipercaya oleh atasan.Pada akhir presentasi, Paulin mengucapkan “Yang menentukan kesempatan adalah diri sendiri, be yourself!”. Kegiatan diakhiri dengan sesi tanya jawab dan pemberian hadiah dari sponsor untuk peserta terpilih. (JNS/DAN – Divisi Publikasi)