Home / Alumni / Sosialisasi Laporan Hasil Tracer Study Unpar 2018

Sosialisasi Laporan Hasil Tracer Study Unpar 2018

Universitas Katolik Parahyangan menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Laporan Hasil Tracer Study 2018, pada Rabu (5/12/2018) di Operation Room Rektorat Unpar. Kegiatan ini diadakan atas kerja sama Biro Kemahasiswaan dan Alumni (BKA) dan Pusat Pengembangan Karir (PPK) Unpar. Kegiatan sosialisasi ini dihadiri oleh jajaran rektorat Unpar, perwakilan program studi dan fakultas, serta sejumlah pegawai Unpar.

Tahun 2018 ini, adalah kali ketiga pelaporan hasil tracer study diadakan. Para peneliti Tracer Study Unpar melibatkan dosen-dosen, kepala unit, serta beberapa unit kerja di Unpar. Di lingkungan Unpar, tracer study di level universitas terhadap alumni telah dilaksanakan sejak tahun 2016. Sebelumnya, tracer study dilakukan secara mandiri oleh program studi yang ada di Unpar.

Dr. Paulus Sukapto Wakil Rektor Bidang Modal Insani dan Kemahasiswaan Unpar dalam kata sambutannya mengatakan, hasil sosialisasi tracer study kali ini mencerminkan bagaimana upaya Unpar menyempurnakan tracer study yang lalu menjadi lebih baik.

“Dibandingkan dengan tracer study yang lalu, (gross response) rate-nya 40.5%. Sekarang (tahun 2018), hampir 42%. Tahun depan targetnya 50%. Kita doakan supaya tercapai,” ungkap beliau.

Tim peneliti Tracer Study Unpar 2018 di bawah koordinasi Dr. Dharma Lesmono, Drs,SE,MSc,MT Ketua Program Studi Matematika Unpar. Tim peneliti bertugas untuk mengolah data yang telah dikumpulkan sejak Maret hingga Oktober 2018. Pada kesempatan tersebut, tim melakukan presentasi hasil laporan Tracer Study Unpar 2018 untuk angkatan tahun 2011 (lulusan 2016).

Tracer study menjadi penyedia data secara akurat mengenai situasi hubungan pendidikan tinggi dan dunia kerja serta sistem pengembangan pusat karir perguruan tinggi. Pelaksanaan tracer study dilakukan secara reguler setiap tahun guna memenuhi kebutuhan data akreditasi serta digunakan untuk pengembangan kurikulum dan perbaikan pembelajaran di perguruan tinggi.

Diharapkan, melalui pelaksanaan tracer study, Unpar dapat mengukur kualitas output pendidikan seperti pencapaian, kompetensi, serta hal-hal lain terkait kualitas alumni Unpar.