Home / Berita Utama / SIAP Sambut Mahasiswa Unpar 2017

SIAP Sambut Mahasiswa Unpar 2017

Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) secara resmi menyambut mahasiswa 2017-2018 dalam Upacara Penerimaan Mahasiswa Baru bertempat di halaman gedung Rektorat Unpar pada Senin (7/08). Upacara tersebut sekaligus menjadi pembuka kegiatan Inisiasi dan Adaptasi (SIAP) Unpar. Tahun ini, kegiatan SIAP akan berlangsung selama empat hari, 7-10 Agustus 2017.

SIAP merupakan program universitas dalam rangka menyambut mahasiswa baru dan memperkenalkan kepada mereka serba-serbi dunia perkuliahan di Unpar dimana mereka diharapkan dapat beradaptasi dengan rumah barunya.

Kepanitiaan SIAP melibatkan berbagai unsur di Unpar, mulai dari pimpinan universitas, dosen, tenaga kependidikan hingga mahasiswa. Penyelenggaraan kegiatan SIAP berfokus pada proses pendewasaan dan pembelajaran para mahasiswa baru melalui kegiatan pembinaan yang berdasar pada sesanti Unpar Bakuning Hyang Mrih Guna Santyaya Bhakti (Berdasarkan Ketuhanan Menuntut Ilmu untuk dibaktikan kepada Masyarakat).

Dalam kata sambutannya, Rektor Unpar Mangadar Situmorang Ph.D menyampaikan bahwa Unpar berada di garis terdepan dalam meningkatkan kompetensi dan daya saing para lulusannya. Unpar juga sejak awal bertekad untuk menjaga keharmonisan, persatuan, pluralitas bangsa dan negara Indonesia yang berasaskan Pancasila serta memberikan rasa hormat terhadap keberagaman dan kebhinekaan.

Unpar memiliki cita-cita melalui visi untuk menjadi komunitas akademik humanum yang mengangkat potensi lokal ke tataran global demi peningkatan martabat manusia dan keutuhan alam ciptaan.

“Ini juga terumus di dalam sesanti Unpar. Ini yang menjadi pedoman dasar kita bersama di Unpar. Apapun latar belakang Anda, latar belakang budaya Anda, kita satu dalam iman. Dalam keimanan, ketakwaan, kita berjuang menuntut ilmu untuk kelak dibaktikan kepada masyarakat,” tambah beliau.

Rangkaian SIAP terdiri dari kegiatan di tingkat universitas selama dua hari, yaitu upacara penerimaan mahasiswa baru, penyampaian materi Spiritualitas dan Nilai-Nilai Dasar Unpar (SINDU) dan wawasan kebangsaan, serta pengenalan organisasi kemahasiswaan Persatuan Mahasiswa (PM) Unpar.

Selama empat hari pelaksanaan SIAP, para mahasiswa baru akan diperkenalkan mengenai SINDU. Selain itu, akan disampaikan pula berbagai regulasi pendidikan tinggi dan kehidupan akademik di Unpar.

“Yang tidak kalah penting adalah tentang menjaga, merawat kebhinekaan kita, kebangsaan kita dalam konteks bela negara,” ungkapnya.

Rektor Unpar berpesan agar seluruh panitia SIAP dapat menyambut mahasiswa baru sebagai adik, sahabat, teman untuk berjuang bersama, belajar bersama serta mengembangkan diri sebagai komunitas di Unpar.

“Karena itu, saya menghimbau seluruh mahasiswa baru untuk bisa ikut terlibat di dalam seluruh proses Inisiasi dan Adaptasi ini,” pungkasnya.