Home / Berita Terkini / Siap Menyambut Mahasiswa Baru di Era Transformasi

Siap Menyambut Mahasiswa Baru di Era Transformasi

Awal tahun akademik selalu diwarnai dengan keceriaan mahasiswa baru mengenal lingkungan pendidikan tinggi. Masa orientasi mahasiswa, meskipun singkat, kadang memberikan kesan yang mendalam bagi para peserta hingga kelulusannya.

Tapi, masa orientasi perguruan tinggi di tahun ini agaknya akan berbeda. Kekhawatiran akan penyebaran pandemi di tengah kerumunan massa menyebabkan aktivitas orientasi mahasiswa baru tidak memungkinkan untuk dilakukan secara tatap muka. Tentu hal ini mengundang kekecewaan tersendiri, khususnya bagi para mahasiswa baru yang tengah bersemangat memasuki dunia pendidikan tinggi serta berinteraksi dengan sesama mahasiswa dalam suasana yang baru.

Namun, bukan berarti perguruan tinggi tidak memiliki alternatif dalam memperkenalkan kehidupan kampus bagi mahasiswa baru. Melalui teknologi digital yang kini tersedia secara luas, perguruan tinggi dapat memberikan orientasi aktivitas akademik dan kemahasiswaan dengan substansi yang bernilai, sembari menjaga keselamatan para mahasiswa baru.

Orientasi digital

Lalu, bagaimana rupa orientasi digital mahasiswa baru ini? Tentunya setiap universitas memiliki interpretasinya masing-masing, namun secara garis besar prinsip yang dilakukan akan serupa. Bagaimanapun implementasinya, teknologi informasi dalam jaringan secara digital akan memainkan peranan yang penting dalam masa orientasi ini.

Contohnya, melalui pertemuan secara virtual yang difasilitasi aplikasi konferensi video, mahasiswa baru tetap mendapat informasi penting sebagai modal adaptasinya dalam dunia pendidikan tinggi. Informasi ini sarat dengan prinsip dan nilai universitas, aktivitas dan peraturan akademis, serta pengelolaan kegiatan dan organisasi kemahasiswaan. Meski tidak bertemu secara langsung, para mahasiswa tetap dimungkinkan untuk berinteraksi satu dengan yang lain, serta mendapat sambutan komunitas akademik perguruan tinggi.

Tidak bisa disanggah bila orientasi digital akan memiliki efek yang berbeda dengan pertemuan fisik dalam kegiatan orientasi terdahulu. Tetapi di sisi lain, teknologi ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa baru untuk beradaptasi dengan sistem pembelajaran jarak jauh yang lazim dipergunakan perguruan tinggi di kala pandemi. Hal ini penting dalam menyambut masa adaptasi kebiasaan baru serta membiasakan digitalisasi dalam kehidupan perkuliahan para mahasiswa baru.

Inisiasi dan Adaptasi

Serupa dengan perguruan tinggi lain di Indonesia, Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) turut beradaptasi dalam menyambut mahasiswa baru dalam komunitas akademiknya. Lazimnya, program orientasi Unpar yang dikenal sebagai Inisiasi dan Adaptasi atau disingkat SIAP akan dilakukan secara tatap muka secara berkesinambungan selama beberapa hari. Khusus pada tahun 2020, SIAP Unpar akan diikuti oleh mahasiswa baru secara daring selama tiga hari, yaitu pada tanggal 9 hingga 11 September 2020.

Rangkaian kegiatan SIAP Unpar akan dibagi dalam tiga hari dan wajib diikuti secara menyeluruh oleh para mahasiswa baru. Pada hari pertama, Unpar secara resmi akan menyambut seluruh mahasiswa baru, serta memperkenalkan Spiritualitas dan Nilai Dasar Unpar (SINDU) yang menjadi pedoman hidup dan aktivitas seluruh komunitas akademik Unpar. Di hari kedua, para mahasiswa akan mengenal lebih dekat fakultas tempatnya menimba ilmu. Dan pada hari terakhir, mahasiswa baru diajak menyelami dunia kemahasiswaan yang akan membantu pengembangan diri mereka. 

Jiwa Universitas

Meskipun berbeda metode dengan masa-masa sebelumnya, Unpar berkomitmen untuk memberikan pengalaman terbaik bagi para mahasiswa baru dalam mengenal dan beradaptasi bersama Komunitas Akademik Unpar. SIAP Unpar secara daring akan menanamkan jiwa dan semangat universitas yang berkeinginan menghasilkan insan yang humanum, menghargai keberagaman, serta mampu menghidupi cinta kasih dalam kebenaran. Seluruh hal yang akan diberikan selama SIAP Unpar merupakan bekal penting para mahasiswa baru dalam mempersiapkan diri untuk berkembang sebaik mungkin selama masa perkuliahannya di Unpar.

Informasi lengkap mengenai SIAP Unpar 2020, baik di tingkat universitas maupun fakultas, dapat ditemukan melalui laman siap.unpar.ac.id