Home / Berita Terkini / Siap Menjembatani Mahasiswa Baru
Inisiasi dan Adaptasi Mahasiswa Baru 2016

Siap Menjembatani Mahasiswa Baru

Oleh: Dr. Johanna Hariandja
(Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Fakultas Teknologi Industri UNPAR)

Sudah siap menjadi mahasiswa? “Jadi mahasiswa tuh, kaya gimana ya?” “Kuliahnya susah ga ya?” “Bakal susah nyari teman baru ga ya?” “Dosen dan kakak kelasnya galak ga ya?” “Ospeknya kaya gimana ya?

Berbagai pertanyaan berada dalam benak seorang lulusan siswa SMA menjelang kehidupan sebagai mahasiswa baru yang memasuki dunia kampus. Tak sedikit mahasiswa baru yang mengalami kekhawatiran bahkan ketakutan menjelang hari pertamanya sebagai mahasiswa ketika harus menjalani masa orientasi studi dan pengenalan kampus (atau yang biasanya dikenal dengan istilah ospek). Masa yang seyogianya menjembatani mahasiswa baru untuk menyesuaikan diri secara cepat dengan kehidupan kampus yang dinamis malah terkadang menjadi suatu hal yang ditakuti.

Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) menjadikan minggu pertama di kampus sebagai suatu momen yang penting bagi mahasiswa baru dalam menentukan kesiapan mereka untuk beradaptasi dengan kehidupan kampus. Hal inilah yang memotivasi pelaksanaan suatu kegiatan pengenalan kehidupan kampus bagi mahasiswa baru di Unpar yang dinamakan Inisiasi dan Adaptasi (disingkat Siap).

Kegiatan SIAP ini dipandang sebagai bagian integral dari seluruh proses pendidikan dan pembelajaran di Unpar. Perencanaan dan pelaksanaan kegiatan Siap di Unpar merujuk dan berlandaskan pada Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor 25/DIKTI/Kep/2014 tentang Panduan Umum Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru.

Berangkat dari situ, Unpar sepenuhnya menyadari bahwa kegiatan Siap merupakan program universitas dan bukanlah suatu program yang diserahkan pelaksanaannya secara penuh kepada mahasiswa. Oleh karena itu, kegiatan ini menjadi tanggung jawab pimpinan universitas dengan kepanitiaan yang melibatkan berbagai unsur di Unpar, mulai dari pimpinan, dosen, tenaga kependidikan hingga mahasiswa. Penyelenggaraan kegiatan Siap berfokus pada proses pendewasaan dan pembelajaran para mahasiswa baru yang jauh dari kekerasan fisik dan mental (psikis).

Kegiatan Siap yang sifatnya wajib diikuti oleh setiap mahasiswa baru di Unpar dilaksanakan dengan prinsip menjunjung tinggi martabat kemanusiaan, nilai-nilai moral, kedisiplinan dan budaya akademik, serta menjunjung tinggi Spiritualitas dan Nilai-nilai Dasar Unpar (Sindu).

Tujuan kegiatan Siap adalah membantu mahasiswa baru untuk mengenal dan memahami Sindu, dunia perguruan tinggi dan tantangannya, sistem dan proses pembelajaran, peraturan, prosedur dan mekanisme akademik maupun non-akademik yang berlaku di Unpar, serta mengenal dan memahami kekhasan program studi. Selain itu, kegiatan Siap bertujuan pula untuk mengenal pimpinan, dosen dan tenaga kependidikan, lingkungan dan fasilitas kampus, serta organisasi dan kegiatan kemahasiswaan di Unpar.

Tahun ini, kegiatan Siap berlangsung selama 5 hari, 8-12 Agustus 2016. Serangkaian kegiatan Siap 2016 telah siap menyambut para mahasiswa baru Unpar, dimulai dengan kegiatan di tingkat universitas selama dua hari, yaitu upacara penerimaan mahasiswa baru oleh Rektor Unpar, penyampaian materi Sindu dan wawasan kebangsaan, serta pengenalan organisasi kemahasiswaan dan unit kegiatan mahasiswa Unpar.

Hari-hari selanjutnya kegiatan Siap diisi dengan beragam acara yang disesuaikan dengan kebutuhan di tingkat fakultas dan program studi, di antaranya pengenalan fakultas dan program studi, kurikulum, layanan mahasiswa, tur fasilitas kampus (ruang kuliah, laboratorium, perpustakaan, sarana olahraga dan sebagainya), sharing alumni dan mahasiswa berprestasi, serta pengenalan himpunan program studi dan komunitas mahasiswa lainnya. Upacara penutupan Siap oleh Rektor Unpar secara resmi mengakhiri rangkaian kegiatan pengenalan kehidupan kampus bagi mahasiswa baru di Unpar.

Setelah mengikuti kegiatan Siap, mahasiswa baru Unpar diharapkan telah memperoleh bekal penuh untuk lebih cepat beradaptasi dengan lingkungan kampus, khususnya kegiatan pembelajaran dan kemahasiswaan, serta siap menjadi mahasiswa yang berdinamika. Mahasiswa baru, selamat memasuki kehidupan kampus dan berdinamika!