Home / Berita Terkini / Sertifikasi ACCA Bawa Prodi Akuntansi Unpar ke Kancah Global

Sertifikasi ACCA Bawa Prodi Akuntansi Unpar ke Kancah Global

Program Studi Sarjana Akuntansi Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) merupakan salah satu dari 12 kampus di Indonesia yang telah terakreditasi secara internasional melalui sertifikasi Association of Chartered Certified Accountants atau ACCA yang diberikan pada tahun 2017 lalu. Hal ini merupakan kebanggaan tersendiri bagi Unpar, sekaligus membuka jalan bagi mahasiswa akuntansi untuk membangun karier globalnya. 

Tentu ada hal yang membuat akreditasi tersebut bermanfaat bagi Unpar, terutama mahasiswa akuntansi. Dalam wawancara daring dengan Tim Publikasi, Kepala Program Studi Akuntansi Unpar Sylvia Fettry E.M.,SE.,SH.,M.Si.,Ak. menjelaskan latar belakang dari akreditasi tersebut. Menurut Sylvia, melalui program sertifikasi ini, “ACCA memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk dapat menyelesaikan program ACCA lebih cepat dengan mendapatkan pengecualian (exemption).”

Ada beberapa tahapan yang perlu dilalui oleh Prodi Akuntansi Unpar untuk memperoleh akreditasi tersebut. “Proses akreditasi dilakukan dengan cara memetakan dokumen dari kampus dengan silabus ACCA,” jelas Sylvia. Dokumen tersebut, lanjutnya, terdiri dari silabus akademik, struktur perkuliahan, serta soal-soal ujian. Dengan terpenuhinya syarat tersebut, kampus akan mendapatkan exemption oleh ACCA. “Jika terdapat perubahan silabus,” tambah Sylvia, “maka kampus diharapkan untuk melaporkan kembali kepada ACCA.”

Artikel Terkait: Unpar Raih ACCA Accredited Program

Menguntungkan Mahasiswa

Menjadi kampus yang bersertifikasi ACCA membawa benefit tersendiri, khususnya bagi mahasiswa yang kelak akan menjadi akuntan profesional. “ACCA sebagai professional qualification dapat menjadi global passport untuk mahasiswa yang ingin berkarier di seluruh dunia,” tutur Sylvia. Apalagi, terdapat 7500 perusahaan global yang terdaftar sebagai Approved Employer ACCA. “Perusahaan-perusahaan ini yang memberikan dukungan terbaik bagi siswa ataupun member ACCA yang berkarier di sana,” jelasnya.

Sylvia menambahkan bahwa saat ini, ACCA memiliki lebih dari 219 ribu anggota di seluruh dunia. Lewat akreditasi internasional, maka mahasiswa Unpar berpotensi untuk menjadi bagian dari keanggotaan organisasi prestisius ini.  “Unpar memberikan kesempatan kepada mahasiswa Akuntansi khususnya untuk dapat menjadi member ACCA dengan jalur yang lebih cepat,” ungkapnya.

Sertifikat akreditasi yang diterbitkan oleh ACCA akan berlaku tiga hingga lima tahun. Oleh karenanya, penting bagi Prodi Akuntansi Unpar untuk meningkatkan kualitas pembelajarannya agar tidak ‘tersusul’ oleh perkembangan keilmuan dan profesi akuntansi saat melewati akreditasi berikutnya. Sylvia berharap agar, “Prodi akuntansi Unpar dapat menjaga kualitas konten pengajaran.” (DAN)