Home / Alumni / Serah Terima Pengelolaan Program Pascasarjana Unpar

Serah Terima Pengelolaan Program Pascasarjana Unpar

Pada Rabu (6/6), Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) menyelenggarakan acara Serah Terima Pengelolaan Program Pascasarjana dari Sekolah Pascasarjana ke Fakultas di lingkungan Unpar, bertempat di Operation Room, Rektorat Unpar. Acara tersebut dihadiri oleh Rektor beserta jajarannya, para dekan dan wakil dekan, kepala program studi, kepala biro/lembaga/pusat, serta tamu undangan lainnya.

ata sambutannya, Rektor Unpar Mangadar Situmorang Ph.D mengatakan bahwa acara serah terima ini sebagai sebuah seremoni yang menegaskan salah satu rangkaian proses integrasi Pascasarjana ke Fakultas. Juga menjadi momentum untuk menegaskan progress yang bisa kita capai dalam proses integrasi. “Seremoni ini menjadi penting dimana kita bisa hadir bersama. Dengan tugas dan tanggung jawab yang diemban masing-masing,” ujarnya.

Mangadar mengungkapkan bahwa ide proses integrasi sudah ada sejak masa kepemimpinan Rektor Unpar periode sebelumnya Prof. Robertus Wahyudi Triweko, Ph.D. Adapun, tujuan intergrasi ini dengan maksud agar Program Pascasarjana Unpar bisa lebih maju dan berkembang.

Ada dua hal terkait, lanjutnya, yakni integrasi Pascasarjana dengan Program Sarjana Unpar dan difensiasi antara program sarjana, magister, dan doktor di Unpar.

“Basis Program Sarjana Unpar yang ditunjukkan dengan akreditasi ‘A’ itu sangat baik. Hal ini menjadi basis pertimbangan program pendidikan yang lebih tinggi, yakni magister dan doktor,” terangnya. Adapun, program magister di Unpar sudah ada sejak 1995 sedangkan program doktor dimulai di tahun 2000.

Menjadi salah satu kebanggaan Unpar, ungkap Mangadar, sebagai universitas swasta pertama yang diberi izin dan dipercaya untuk mendirikan Program Pascasarjana pada masa itu. “Langkah intergrasi ini diharapkan bisa membawa Unpar ke arah pengembangan,” katanya.

Agenda lainnya, yakni pemberhentian dengan hormat dari jabatan Direktur Sekolah Pascasarjana Unpar periode 2015-2018 Tri Basuki Joewono Ph.D. Dalam kesempatan tersebut, Rektor Bidang Akademik Dr. Paulus Tjiang membacakan Surat Keputusan Pemberhentian dari jabatan Direktur Pascasarjana. SK tersebut diberlakukan terhitung mulai 1 Juli 2018.

Rangkaian acara dilanjutkan dengan penyerahan SK Pemberhentian, pemberian cinderamata atas penghargaan masa bakti Direktur Pascasarjana (2015-2018) oleh Rektor Unpar, dan pembacaan serta penandatangan Berita Acara Serah Terima Pascasarjana ke Fakultas yang dilakukan oleh dekan FE, FH, FISIP, FT, dan FTI Unpar.

Menutup acara, Tri Basuki menyampaikan kata sambutan berisi kesan dan pesan selama menjalankan tanggung jawab sebagai Direktur Pascasarjana Unpar periode 2015-2018.

“Saya ingin mengucapkan rasa terima kasih dan rasa syukur,” katanya membuka sambutan.

“Saya banyak belajar. Saya menikmati, punya banyak pengalaman. Bertemu banyak orang. Saya sungguh berterima kasih kepada semua orang di universitas ini (Unpar) yang telah membantu saya selama ini,” ungkapnya.

Beliau berharap, dengan integrasi ini proses pembelajaran dan pengajaran di Unpar akan menjadi lebih baik.