Home / Berita Terkini / Seminar Terpusat LPPM Unpar

Seminar Terpusat LPPM Unpar

Salah satu peran dosen dalam Tridharma Perguruan Tinggi adalah penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Universitas melalui pusat studi maupun lembaga pengelola riset  berupaya mendorong penemuan baru serta proyek pengabdian dalam membantu masyarakat untuk memecahkan berbagai permasalahan yang ada melalui kajian-kajian para dosen dan peneliti. Terkadang, kajian penelitian membutuhkan pengerjaan yang cukup memakan durasi sehingga tidak dapat dipresentasikan dalam forum ilmiah.

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Katolik Parahyangan (LPPM Unpar) berupaya untuk menyediakan kesempatan khusus bagi para dosen dan peneliti yang tidak sempat mempresentasikan hasil penelitian dan proyek pengabdian masyarakat dalam Seminar Terpadu yang diselenggarakan pada Kamis (1/11) di Gedung Pascasarjana Unpar.

“Jadi dosen-dosen ini kan banyak yang punya kesibukan di luar ya, makanya tidak sempat mempresentasikan penelitian mereka dan hasil proyek (pengabdian masyarakat) ke forum akademik. Nah, seminar ini adalah kesempatan mereka untuk melakukannya,” ujar Kepala LPPM Unpar Catharina Badra Nawangpalupi PhD.

Ia juga menjelaskan bahwa ada beberapa kesulitan bila dosen dan peneliti tidak dapat mempresentasikan karya ilmiahnya.

“Ya, mereka kalau tidak presentasi tidak akan bisa membuat laporan pertanggungjawaban dan mungkin akan lebih sulit mendapatkan pendanaan bagi penelitian ke depannya. Ini akan terlihat bagi dosen-dosen yang akan naik pangkat (jabatan fungsional),” imbuhnya.

Dalam seminar kali ini, LPPM membuka 4 panel yang mencakup rekayasa, sosial dan humaniora, aplikasi teknologi serta sains dan teknologi.

Seminar tersebut tidak hanya sekadar mempresentasikan hasil penelitian tetapi juga untuk mendapatkan masukan dan kritik (peer-review) bagi para dosen. Hal ini digunakan untuk mempertahankan kualitas penulisan dan penelitian dari dosen dan peneliti yang berada di bawah naungan LPPM Unpar. Adapun, sejumlah 40 hasil penelitian dipresentasikan oleh dosen-dosen Unpar.