Home / Berita Terkini / Seminar Terpusat LPPM Dukung Penelitian dan Pengabdian Komunitas Unpar

Seminar Terpusat LPPM Dukung Penelitian dan Pengabdian Komunitas Unpar

Penelitian dan pengabdian adalah bagian tak terpisahkan dari aktivitas akademik di perguruan tinggi. Komunitas akademik Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) tidak ketinggalan terus meningkatkan kualitas dan kuantitas karya ilmiah sesuai dengan bidang ilmunya masing-masing.

Untuk mendukung aktivitas tersebut dan memberikan ruang bagi diseminasi hasil penelitian dan pengabdian secara internal, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Unpar menyelenggarakan Seminar Terpusat pada Selasa (10/11/2020) hingga Rabu (11/11/2020). Sesuai dengan protokol kesehatan yang ada, rangkaian seminar seluruhnya diselenggarakan secara daring.

Sebanyak 73 hasil karya penelitian dan pengabdian dipaparkan dalam seminar tersebut. Karya-karya ilmiah tersebut dikategorikan dalam penelitian bidang Teknik dan Sains (37), Sosial dan Ekonomi (18), serta Pengabdian Masyarakat (18). Para peserta merupakan tenaga pendidik (dosen) dari Fakultas Ekonomi (7), Fakultas Hukum (2), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (12), Fakultas Teknik (14), Fakultas Teknologi Industri (24), Fakultas Teknologi Informasi dan Sains (9), serta Fakultas Filsafat (6).

Selama seminar yang diselenggarakan dalam tiga sesi dengan tiga kelas paralel, para peserta bergantian memaparkan singkat hasil penelitian melalui video presentasi, yang dilengkapi dengan paparan tambahan secara langsung. Para peserta juga mendapat kesempatan untuk menanggapi hasil penelitian rekan-rekannya, serta memberi penilaian terhadap penelitian dan presentasi tersebut. 

Kegiatan diseminasi hasil penelitian dan pengabdian merupakan bagian dari pertanggungjawaban akademik Komunitas Akademik Unpar atas penelitian yang telah dilakukan. Tentunya, diharapkan hasil penelitian ini tidak hanya diketahui oleh para akademisi saja, namun bisa dijangkau oleh berbagai pihak berkepentingan dan masyarakat secara luas. (DAN – Divisi Publikasi)