Home / Berita Terkini / Seminar LPPK Unpar: Presentasi Kreatif Dukung Pemelajaran Inovatif

Seminar LPPK Unpar: Presentasi Kreatif Dukung Pemelajaran Inovatif

Presentasi termasuk dalam pelaksanaan atau proses pembelajaran yang menuntut penerapan teknik yang efektif dan efisien sehingga tujuan pemelajaran tercapai. Hal ini mendorong Lembaga Pengembangan Pemelajaran dan Karir Universitas Katolik Parahyangan (LPPK Unpar) pada Jumat (13/3/2020) untuk menyelenggarakan seminar bertajuk “Teknik Presentasi yang Efektif & Kreatif bagi Dosen di Era Digital 2020”. 

Seminar ini membekali para Dosen tentang teknik presentasi yang efektif di era kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, khususnya dengan maraknya penggunaan digital learning dan online class. Kegiatan dibuka secara langsung oleh Wakil Rektor Unpar Bidang Akademik Tri Basuki Juwono, Ph.D. 

Seminar yang dilaksanakan di Operation Room Gedung Rektorat tersebut mengundang Andy Iskandar, S.Si., M.M. Alumnus Fisika Unpar ini sukses berkarya sebagai penulis, konsultan manajemen, dan people development di berbagai perusahaan. 

Melalui paparannya, Andy Iskandar menekankan bahwa tujuan presentasi adalah menjual ide. Ide yang bagus akan tersampaikan dengan baik jika slide menarik dan presenter baik dalam menyampaikan presentasinya. 

Dosen sebagai presenter diharapkan dapat menjelaskan konsep yang rumit dengan analogi yang sederhana sehingga teringat oleh audiens yaitu mahasiswa. Andy juga memaparkan prinsip problem solving yaitu success, unexpected, concrete, credible, emotions, dan stories.

Para dosen juga mendapatkan pengetahuan mengenai teknik presentasi yang benar.  Diantaranya menentukan topik pembahasan yang menarik, mengatur ukuran tulisan dan jenis tulisan yang tepat, penggunaan warna yang sesuai, memasukkan gambar sesuai kebutuhan, serta penggunaan grafik dan tabel. 

Selain itu, dijelaskan pula cara membuat storyboard dengan alur yang baik sehingga presentasi yang disampaikan mudah dipahami oleh mahasiswa. Para dosen antusias mempelajari langkah penyusunan storyboard yang dipraktekkan langsung dalam dinamika kelompok.

Melalui seminarnya, Andy memberikan paparan yang komprehensif dan menarik mengenai teknik presentasi yang baik dan kreatif bagi dosen. Acara ditutup dengan sesi diskusi dan tanya jawab antara dosen dan narasumber. (JNS/DAN – Bagian Publikasi)