Home / Berita Terkini / Seminar dan Forum Diskusi “Corporate Transformation: How to Get the Maximum Impact”
Corporate Transformation

Seminar dan Forum Diskusi “Corporate Transformation: How to Get the Maximum Impact”

Bagi para pelaku bisnis atau mereka yang baru akan terjun ke dunia bisnis, sangat penting untuk mengetahui serba-serbi organisasi bisnis. Salah satu yang menjadi penting adalah implementasi corporate transformation sebagai alat bagi perusahaan atau korporasi untuk dapat memosisikan diri menjadi lebih baik dalam menghadapi dan menjawab tantangan-tantangan baru, cepatnya perubahan lingkungan usaha, juga hal-hal berupa keinginan baru yang muncul dari dalam perusahaan.

Sabtu (09/04) Sekolah Pascasarjana Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) mengadakan seminar dan forum diskusi “Corporate Transformation: How to Get the Maximum Impact”. Acara ini bertujuan untuk memberikan wawasan dan pengetahuan praktis mengenai implementasi transformasi korporasi baik dari segi teoritis atau konseptual, maupun praktik di dunia industri.

Dalam wawancara singkat bersama Dr. Orpha Jane, Wakil Rektor Unpar Bidang Organisasi dan Sumber Daya, mengatakan bahwa pada dasarnya kegiatan ini adalah kegiatan akademik mata kuliah S2 Manajemen Unpar. Mengutip pendapat salah satu ahli, William L. Mc.Comb, yang merupakan CEO Fifth & Pacific Companies–dahulu bernama Liz Claiborne (2006-2013), corporate transformation is not an event but is a whole era. Transformasi memakan waktu minimum tiga hingga lima tahun. Beliau juga menambahkan bahwa transformasi lebih dari sekadar change of management.

“Adapun perbedaan mendasar antara improvement, change management, dan transformation perlu dipahami secara jelas”, ungkap beliau. Improvement menyangkut masalah-masalah perbaikan terkait prosedur sedangkan change, dengan mengambil sebuah contoh dapat dipahami sebagai perubahan durasi kerja dari yang semula enam hari menjadi lima hari per minggu. Di sisi lain, transformasi dipahami sebagai sesuatu yang bersifat menyeluruh, baik itu terkait mind set bahkan cultural aspect yang ada di organisasi tersebut.

Seminar tersebut rmenghadirkan pembicara-pembicara yang kompeten dan ahli dibidangnya. Market Development Director GE Global Growth Operations Indonesia, Dr.Wayah Wiroto; Direktur PT.Indo Muro dan Komisaris PT.Sari Coffee Indonesia (pemegang lisensi Starbucks Indonesia), Dr.Indrawana; Sekretaris dan Kepala Perencanaan dan Pengembangan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB UI), Dr.Yasmine Nasution, S.E., Komisaris PT.Andalas Televisi Nusantara (ANTV), Dr.Indra Cahya Uno; praktisi perbankan, Dr.Doddy Soewito; serta Dr. Herris Simandjuntak hadir sebagai pembicara pada kesempatan tersebut.

“Ada dua kunci dari transformasi itu sendiri, yaitu CEO commitment, yang berarti 80% dari keberhasilan sebuah organisasi ditentukan oleh pemimpin. Kedua, terkait dengan anggota organisasi dimana akan ada champion team dan juga competence . Dengan adanya hal ini, maka readiness for change untuk masuk ke dalam gelombang transformasi lebih siap dan cepat. Saya pikir, kalo kegiatan ini dikonsumsi oleh minimal level pimpinan Unpar akan sangat baik. Salah satunya, kegiatan ini diharapkan menjadi jembatan melalui transfer of knowledge, pemahaman yang terpenting atas hakikat organisasi atau corporate transformation itu”, jelas Bu Jane selaku moderator seminar dan forum diskusi yang bertempat di Aula Sekolah Pascasarjana Unpar, Jalan Merdeka No.30.