Home / Berita Terkini / SEMANTICS 2019 Jelajahi Peran Penting Data Science Masa Kini
Suryatin Setiawan (Angel Investor Kadoqu.com) menjawab pertanyaan peserta SEMANTICS 2019 pada Jumat (1/11). Seminar ini ditujukan untuk meningkatkan minat mahasiswa informatika akan data science.

SEMANTICS 2019 Jelajahi Peran Penting Data Science Masa Kini

Salah satu ilmu yang dapat dipelajari oleh mahasiswa Informatika Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) adalah Data Science. Meski terbilang baru, data science terbukti memiliki peran penting dalam bidang teknologi informasi masa kini. Melalui pengolahan data yang tepat dan akurat, praktisi informatika mampu menjelaskan tren yang terjadi di dunia digital, serta mengaplikasikan kebijakan yang tepat berdasarkan data telah dianalisis.

Untuk memahami lebih lanjut mengenai data science dan aplikasinya di bidang informatika, Program Studi Sarjana Informatika Unpar bersama dengan Himpunan Mahasiswa Program Studi Teknik Informatika (HMPSTIF) menyelenggarakan Seminar in Informatics (SEMANTICS) 2019 dengan tema “Discover The Future With Data Science”. Kegiatan yang telah memasuki tahun keduanya diselenggarakan dalam dua sesi pada Jumat (1/11), bertempat di Operation Room Rektorat Unpar.

Pada sesi pertama, peserta yang mayoritas merupakan mahasiswa baru informatika Unpar mendapat kesempatan untuk berkenalan dengan Data Science. Melalui sesi “Introduction to Data Science”, peserta mendalami apa itu sains data, mengapa kemampuan analisa data sangat penting dalam informatika, dan aplikasinya dalam dunia nyata. Sesi ini dibawakan oleh dua narasumber, yaitu Suryatin Setiawan (Angel Investor Kadoqu.com) dan Eldwin Viriya (Co-founder Own Games, Alumnus Informatika Unpar).

Sesi kedua yang bertema “How Does a Data Scientist Work” mengundang Steven Christian (Lead Data Scientist Siloam Hospital, Alumnus Informatika Unpar) serta Gede Karya (Dosen Informatika Unpar) untuk mendalami profesi seorang ilmuwan data. Sesi ini diikuti oleh mahasiswa-mahasiswi informatika tingkat lanjut. 

Bagi Ketua Pelaksana SEMANTICS Juan Anthonius, data science menjadi hal yang sangat penting dalam informatika saat ini. “Segala pengambilan keputusan akan menjadi sesuatu yang lebih tepat jika kita membandingkannya dengan data riil,” ungkapnya. Misalnya, produk yang ditawarkan kepada konsumen kini tepat sasaran karena dibantu oleh data yang telah diolah dengan metode-metode data science. Seminar ini menjadi salah satu cara untuk memberikan wawasan tersebut kepada para mahasiswa. “Harapan kami banyak mahasiswa informatika yang tertarik untuk masuk ke data science,” pungkasnya. (DAN)