Home / Alumni / Selamat Datang Mahasiswa Baru di Kampus Jingga!

Selamat Datang Mahasiswa Baru di Kampus Jingga!

Universitas Katolik Parhayangan (Unpar) kembali menyambut putra-putri terbaik bangsa sebagai mahasiswa baru tahun akademik 2018/2019. Selama empat hari, mahasiswa dan mahasiswi baru Unpar akan mengikuti kegiatan Inisiasi dan Adaptasi (SIAP). Kegiatan SIAP diawali dengan upacara penyambutan mahasiswa baru pada Senin, (6/8). Upacara dihadiri oleh Rektor Unpar Mangadar Situmorang Ph.D beserta pimpinan universitas, perwakilan Yayasan Unpar, Senat Universitas, perwakilan fakultas dan program studi, serta pengurus Persatuan Mahasiswa Unpar.

Berdasarkan laporan yang disampaikan oleh Wakil Rektor Bidang Modal Insani Dr. Paulus Sukapto mewakili Wakil Rektor Bidang Akademik, jumlah total peminat Unpar tahun 2018 adalah 13,716 yang terdiri dari pendaftar jalur Penelusuran Minat dan Kemampuan (PMDK) serta Ujian Saringan Masuk (USM) 1 hingga 3. Sebanyak 2,492 orang lulus seleksi dan kini bergabung dengan Unpar.

Pilihan yang tepat

Rektor Unpar mengapresiasi kepercayaan mahasiswa baru yang telah memilih untuk bergabung dengan Unpar. ”Pilihan itu tidak salah, pilihan itu sangat tepat,” jelasnya. Unpar adalah salah satu perguruan tinggi swasta terkemuka di Indonesia, yang juga menjunjung tinggi nilai-nilai kebangsaan yang luhur. “Unpar akan menjadi tempat Anda untuk mengembangkan pengetahuan, membangun dan menumbuhkan kedewasaan sehingga menjadi insan-insan yang mandiri, dewasa dan kontributif terhadap pembangunan bangsa dan negara,” pesannya kepada mahasiswa baru.

Pada kesempatan yang sama, Mangadar membuka tahun akademik 2018/2019, sekaligus membuka kegiatan SIAP Unpar. Sebagai bentuk penerimaan mahasiswa baru secara resmi, Rektor mengenakan jas almamater Unpar kepada tujuh perwakilan mahasiswa, disertai dengan pemberian beasiswa dan pengucapan janji mahasiswa baru.

Spirit Kebangsaan

Ada yang menarik dalam pembukaan SIAP tahun ini. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pada penyambutan mahasiswa baru kali ini, mahasiswa diajak menyelami sekaligus memperkuat semangat kebangsaan dan identitas nasional yang mereka miliki. Perayaan kebangsaan ini dibuka oleh tarian tradisional lintas daerah yang dibawakan oleh Lingkung Seni Tradisional (Listra) Unpar. Ragam tari Nusantara menjadi simbol keberagaman yang dimiliki dan harus dilestarikan oleh kaum muda yang diwakili oleh mahasiswa.

Tidak hanya rupa budaya tradisional, mahasiswa juga menciptakan kolaborasi modern dalam bentuk monolog dan tari kontemporer diiringi oleh lagu ‘Simfoni Raya Indonesia’ oleh Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Unpar. Penampilan ini mengangkat problematika kebangsaan di kalangan remaja yang hidup di era yang serba digital dan penuh kemajuan teknologi. Menutup pembukaan SIAP, Listra mengajak mahasiswa baru dan sivitas akademika Unpar untuk menari bersama dalam Flash Mob Kebangsaan.

Kegiatan hari pertama dilanjutkan dengan pengenalan Spiritualitas dan Nilai-Nilai Dasar Unpar (SINDU) serta wawasan Kebangsaan. Kuliah SINDU disampaikan oleh dosen dan tenaga kependidikan lain dari berbagai fakultas yang ada di Unpar, sembari didampingi oleh mahasiswa-mahasiswi mentor. Selain SINDU, mahasiswa baru Unpar juga akan mempelajari berbagai hal baru berkaitan dengan pendidikan tinggi yang akan mereka tempuh.