Home / Berita Terkini / Sekilas Mengenal MPM Unpar

Sekilas Mengenal MPM Unpar

“MPM itu biasanya lekat dengan peraturan-peraturan. Mengeluarkan kebijakan, ketetapan-ketetapan,” kata Gerits menjelaskan tentang gambaran MPM Unpar.

Kepada Tim Publikasi, Gerits Michael Gosana Ketua MPM 2018-2019 membagikan informasi seputar MPM Unpar.

Majelis Perwakilan Mahasiswa (MPM) memiliki fungsi legislatif dan yudikatif di dalam Persatuan Mahasiswa Universitas Katolik Parahyangan (PM Unpar). Fungsi legislatif dan yudikatif yang dijalankan MPM, yaitu membuat peraturan, untuk kemudian melihat sejauh mana peraturan-peraturan itu sudah diterapkan.

Melalui perwakilannya di setiap fakultas, anggota MPM berkewajiban untuk mencari, menampung, mempertimbangkan, dan menindaklanjuti setiap aspirasi dari seluruh mahasiswa Unpar.

Jembatan antara mahasiswa-universitas

Gerits menekankan bahwa MPM menjadi jembatan antara mahasiswa dengan universitas. Dalam hal ini, MPM menjadi perwakilan dalam menyampaikan aspirasi-aspirasi dari teman-teman mahasiswa.

Setiap minggunya, tim MPM rutin mengadakan rapat berkala. MPM senantiasa berupaya agar aspirasi tersebut dapat disampaikan dengan baik dan tepat sasaran.

“(Kami) menghimpun informasi dari mahasiswa. Apa yang jadi kendala mahasiswa tentang kondisi di Unpar,” ujar Gerits. Kemudian, tim MPM mendiskusikan aspirasi-aspirasi tersebut. “Apakah aspirasi ini bisa ditindaklanjuti?,” terangnya.

Selain rapat kerja mingguan, MPM juga memiliki agenda seperti safari lembaga serta pengelolaan suara mahasiswa yang bekerjasama dengan Lembaga Kepresidenan Mahasiswa (LKM).

Lewat media Suara Mahasiswa, yakni dengan melakukan log in melalui akun student portal, mahasiswa dapat menyampaikan aspirasi mereka. Selain itu, MPM juga menerima aspirasi mahasiswa melalui angket juga kuesioner yang ditampung untuk kemudian dilakukan audiensi.

Gerits menambahkan, “Buku Aspirasi” bisa menjadi alternatif lainnya. Teman-teman mahasiswa bisa langsung menyampaikan aspirasinya ke kantor MPM yang berlokasi di kompleks Gedung Biro Kemahasiswaan dan Alumni (BKA) Unpar.

Ia mendorong mahasiswa Unpar untuk proaktif dalam menyampaikan berbagai aspirasi. Tentunya, hal tersebut menjadi harapan bagi kemajuan sivitas akademika Unpar.

Di periode 2018/2019, MPM mengangkat visi, MPM yang proaktif dan bersinergi sehingga memberikan kontribusi nyata bagi PM Unpar. Adapun visi tersebut tertuang ke dalam sejumlah misi yaitu mengoptimalkan kinerja dan peran MPM yang tepat guna di lingkungan Unpar; mengembangkan budaya komunikatif dengan seluruh elemen di Unpar; serta memberikan informasi yang akurat dan relevan mengenai fungsi dan perkembangan MPM di dalam PM Unpar.