Home / Berita Terkini / Science Fest 2019: Dark City

Science Fest 2019: Dark City

Fakultas Teknologi Informasi dan Sains Universitas Katolik Parahyangan (FTIS Unpar) kembali menggelar Science Fest, pada Sabtu (6/4/2019) di rooftop gedung 10 Unpar. Mengangkat tema Dark City dengan tagline “War in Peace Lost in The Darkness”, tujuan diadakannya acara ini untuk membuka wawasan masyarakat bahwa sains tidaklah sesulit dan serumit yang dibayangkan kebanyakan orang dengan cara mengajak siswa/i SMA untuk mengikuti lomba. Adapun beberapa rangkaian acara dalam Science Fest 2019 ini adalah perlombaan Crime Science Investigation (CSI), Band Competition, Escape Room, dan juga Bazaar.

Dengan diadakannya beberapa perlombaan tersebut, FTIS ingin menunjukan bahwa science tidaklah seserius yang dibayangkan kebanyakan orang, dalam hal ini bisa juga diaplikasikan ke dalam bidang seni yang juga memiliki unsur science-nya. Pertama kali diadakan pada tahun 2015, perlombaan CSI menjadi daya tarik tersendiri dari FTIS. Dalam perlombaan tersebut, para peserta lomba diharuskan untuk memecahkan masalah menggunakan rumus-rumus matematika atau fisika dalam pos-pos tertentu. Di sini juga peserta lomba dapat mengaplikasikan rumus-rumus yang selama ini sudah dipelajari agar dapat memecahkan masalah yang ada, seperti pengaplikasian rumus-rumus statistik untuk mencari probabilitas pelaku kejahatan.

“Terutama untuk anak-anak SMA supaya mereka senang dengan science, karena science ga seserius yang dikira. Mungkin memang di kelas serius tapi di luar masih bisa berkembang, (hal) yang unik dan yang menarik dari science itu,” ujar Gezia Heptania ketua pelaksana Science Fest 2019.