Home / Berita Terkini / Sarasehan Dosen Unpar, “Muda-Muda Cabe Rawit”

Sarasehan Dosen Unpar, “Muda-Muda Cabe Rawit”

Pada Senin (11/12), Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) menyelenggarakan kegiatan ‘Sarasehan Dosen’ bertempat di Kampus D3 Manajemen Perusahaan Unpar, Jalan Aceh No. 53, Bandung. Kegiatan ini diadakan dalam rangka pengembangan Unpar yang berkelanjutan.

Rektor Unpar Mangadar Situmorang Ph.D membuka kegiatan yang dihadiri oleh perwakilan Yayasan, jajaran Rektorat, para dosen; khususnya dosen muda, serta sejumlah staf Kantor Sekretariat Rektorat (KSR) sebagai tim penyelenggara. Didapuk sebagai moderator yaitu Dr. Philips Nicolas Gunawidjaja dosen Fisika dan Tri Basuki Joewono Ph.D Direktur Sekolah Pascasarjana Unpar. Rangkaian acara meliputi presentasi masing-masing peserta tentang visi, ide, dan cita-cita; diskusi dan presentasi kelompok; serta role play.

Dalam pertemuan tersebut, Prof. Dr. Ignatius Bambang Sugiharto guru besar Fakultas Filsafat Unpar memberikan inspirational speech kepada para hadirin. Pada kesempatan yang sama, Kepala Program Studi Filsafat Unpar Dr. Hadrianus Tedjoworo, OSC, S.Ag., STL menyampaikan apresiasi kepada para peserta kegiatan. Romo Tedjo, demikian beliau akrab disapa, memberikan motivasi sebagai wujud semangat rekan dosen muda dalam profesinya, berkarya serta mengabdi di Unpar dengan tagline “Muda-muda: cabe rawit”. Menurutnya, kaum muda mewakili wilayah yang visioner.

“Yang masih muda-muda biasanya lebih mudah untuk membangun sesuatu. Kerja sama untuk mewujudkan sesuatu,” ungkapnya. Beliau menambahkan, orang-orang muda lebih mudah menyesuaikan diri. Ada budaya konstruktif untuk membangun bersama, ada spirit, keteladanan, dan otentisitas. “Otentisitas yang kita tunjukan itu sesuatu yang apa adanya”, katanya penuh antusias.

Dosen muda, tutur Romo Tedjo, rupanya perlu semangat transparansi. Pun, semangat untuk menginspirasi, baik mahasiswa, kolega, serta masyarakat sekitar, untuk bersama, berkembang dan bertumbuh.

“Mimpi dosen Unpar ini tidak ada yang ngawur. Maka saya yakin itu harus diapresiasi…Kita semua punya banyak ide, banyak mimpi, dan itu harus diwujudkan. Kita semua ini dosen, muda-muda cabe rawit”, pungkasnya semangat menutup sesi apresiasi.

Adapun, berbagai topik dalam presentasi kelompok diantaranya mengenai Visi dan Misi Unpar; Sumber Daya Manusia dan Karir; Pengajaran, Pembelajaran, dan Pendidikan; Penelitian dan Pengembangan; Sarana, Prasarana, dan IT; Pendanaan dan Keuangan; Kelembagaan, Intenasionalisasi, dan Kerja Sama; serta Alumni dan Standard Kelulusan.

Pada sesi diskusi dan presentasi kelompok, para peserta berkesempatan mengutarakan beragam ide, saran, juga harapan bagi perkembangan dan kemajuan sivitas akademika Unpar.

Diharapkan melalui kegiatan Sarasehan, para dosen Unpar dapat berkolaborasi aktif dalam mewujudkan visi, ide, dan cita-cita bersama menuju “The Great Unpar”.