Home / Berita Terkini / Reuni dan Seminar Internasional Program Magister Ilmu Sosial (MIS)

Reuni dan Seminar Internasional Program Magister Ilmu Sosial (MIS)

Pada Sabtu (11/7/2020) Program Studi Magister Ilmu Sosial Universitas Katolik Parahyangan (MIS Unpar) menyelenggarakan reuni dan seminar internasional. Acara yang berlangsung secara virtual ini diikuti oleh para alumni MIS yang mengalami masa perkuliahan di Kampus Pascasarjana Jalan Merdeka. Selain para alumni yang berasal dari Indonesia, acara juga diikuti para alumni penerima beasiswa Kemitraan Negara Berkembang (KNB) dari Laos, Kamboja, Kenya, Uganda, Uzbekistan, dan Serbia. 

Acara dibuka oleh Ketua Program MIS, Rulyusa Pratikno, yang menyampaikan kegembiraannya bahwa para alumni masih menjaga tali silaturahmi bahkan setelah lama menyelesaikan kuliah di Unpar. Sebagai pembicara utama, Dr. Sukawarsini Djelantik (Kaprodi MIS tahun 2010-2014),  menyampaikan perkembangan terakhir di Unpar, termasuk pendirian Prodi Magister Hubungan Internasional (MHI) dan Magister Administrasi Bisnis (MAB), rencana perubahan nama Program MIS menjadi Magister Studi Pembangunan (MSP), serta pembangunan fisik Kampus di Jalan Ciumbuleuit. 

Lebih lanjut Dr. Sukawrasini Djelantik menyampaikan presentasi bertajuk “Indonesia in New Normal”, diikuti oleh Elizabeth Neilantei Ndembei dari Kenya, Sina Mao dari Kamboja, dan Taufan Akbar dari Indonesia. Masing-masing mempresentasikan mengenai kondisi normal baru pasca Covid 19 dan bagaimana menyikapi situasi pada era normal baru. Sementara itu Milica Vucovic asal Serbia mempresentasikan keikutsertaan Serbia sebagai anggota Uni Eropa yang baru, juga membahas situasi terbaru pasca Covid-19 di negaranya. 

Para peserta reuni sangat antusias mengikuti seluruh rangkaian acara yang dipandu oleh Amelia Maya Irwanti, alumni asal Indonesia yang tengah bekerja di Malaysia. Meskipun kegiatan terpaksa dilakukan secara virtual, mengingat kondisi yang belum memungkinkan untuk melakukan perjalanan di dalam negeri maupun antar-negara. 

Para alumni berharap kegiatan reuni dapat diadakan rutin dan secara tatap muka jika dimungkinkan. Tujuannya untuk menjaga pertemanan dan persaudaraan yang sebelumnya sudah terjalin sebagai alumni MIS Unpar. (/DAN – Divisi Publikasi. Sumber: Program Magister Ilmu Sosial Unpar)