Home / Berita Terkini / Rayakan HUT RI dengan Pengabdian
Rayakan HUT RI dengan Pengabdian

Rayakan HUT RI dengan Pengabdian

Perayaan hari ulang tahun Republik Indonesia ( HUT RI ) tidak melulu dimeriahkan oleh perlombaan-perlombaan 17 Agustus-an yang biasanya digelar di setiap daerah. Momen bersejarah bangsa Indonesia tersebut memberikan kebebasan perenungan akan makna kemerdekaan sejati. Rasa syukur akan berdirinya bumi pertiwi diwujudkan dengan bermacam karya dan kreasi yang dapat dinikmati tanpa batas.

Ragam kegiatan kemahasiswaan yang dikelola oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) mencakup agenda-agenda yang bersifat kurikuler (akademis) maupun ektrakurikuler (non-akademis). Unpar yang terdiri dari 17 prodi memiliki program tahunan rutin yang menarik minat mahasiswa/inya untuk turut serta berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan tersebut. Mulai dari forum mahasiswa antar universitas, kuliah tamu, seminar nasional/internasional, lomba debat mahasiswa, pekan olah raga, malam kekeluargaan, pagelaran seni dan budaya, hingga kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

Salah satunya,  ‘Bhakti Ganva’, sebuah program kerjasama tahunan yang telah dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Arsitektur (HMPSARS) dan Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil (HMPSTS), Fakultas Teknik (FT) Unpar. Program ini merupakan bentuk pengabdian kepada masyarakat desa yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat setempat dengan pendekatan teknikan dan arsitektural. Melalui program ini, mahasiswa diajak untuk menjalin relasi dengan warga setempat dalam menemukan solusi tepat terhadap permasalahan desa tersebut. Selain itu, kegiatan ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa/i untuk mendapatkan pengalaman tentang bagaimana dunia praktik keteknikan sebagai bekal mereka sebelum terjun ke dunia profesional.

Bertepatan dengan HUT RI yang ke-71 tahun (17/8), Bhakti Ganva meresmikan Posyandu Rengganis, Desa Bojongkoneng, Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat, yang telah dibangun sejak awal April 2016. Peresmian ini merupakan puncak dari acara Bhakti Ganva 2016.

Seperti dilansir dalam official line PM (Persatuan Mahasiswa) Unpar, posyandu di Desa Bojongkoneng tersebut merupakan hasil desain dan pembangunan dari HMPSARS dan HMPSTS bekerjasama dengan masyarakat setempat.

Diharapkan hasil karya dan kolaborasi ini dapat memberikan manfaat nyata dan tepat guna untuk kelangsungan masyarakat serta menjadi bukti nyata pengamalan sesanti Unpar, Bakuning Hyang Mrih Guna Santyata Bhakti yang mengandung arti Berdasarkan Ketuhanan Menuntut Ilmu untuk Dibaktikan Kepada Masyarakat.