Home / Berita Terkini / Raihan Zahirah menjadi Director Dewan dalam ajang Model United Nations

Raihan Zahirah menjadi Director Dewan dalam ajang Model United Nations

Prestasi membanggakan diraih oleh Raihan Zahirah Mauludy Ridwan yang ditunjuk sebagai Director of Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) pada ajang Indonesia Model United Nations (IMUN) 2018 yang dilaksanakan oleh Universitas Indonesia (UI) MUN Club di Depok pada 13-15 November 2018 dan Director of United Nations High Commissioner for Refugees (UNHCR EXCOMM) pada ajang Malaya Model United Nations International 2018 yang dilaksanakan oleh University of Malaya (UM) di Kuala Lumpur pada 15-18 November 2018.

Untuk bisa menjadi director sebuah dewan pada ajang Model United Nations (MUN), perlu melewati beberapa seleksi yang ketat dan dibutuhkan kemampuan substansi yang luas serta wawasan mengenai Rules of Procedure (RoP) dalam memimpin sebuah sidang. Sebagai Director of ASEAN, Raihan juga didampingi oleh Aloysius Efraim (Mahasiswa HI Unpar 2017). Raihan dan Efraim bertugas untuk memimpin sidang termasuk menjadi moderator, menilai delegasi dan mencatat pidato selama tiga hari dengan membahas “The Future of ASEAN Smart Cities”. Biasanya, jauh beberapa bulan sebelum sidang dilaksanakan, director perlu menulis study guide yang menjadi pedoman penelitian bagi delegasi yang akan berpartisipasi.

Sebagai Director of UNHCR EXCOMM, Raihan bertugas untuk memimpin sidang termasuk menjadi moderator, menilai delegasi, mengoordinasikan inter-council interactions, membuat press release serta breaking news dengan membahas “Addressing the Link between Refugee Influx and Rising Terrorist Attacks dan The Possibility of the Refoulement of Refugees”.

Tujuan utama Raihan sendiri dalam menjadi Director pada ajang MUN adalah untuk berkontribusi terhadap perkembangan diri para pemuda serta membagi ilmu pengetahuan agar delegasi mendapatkan esensi yang sebenarnya dari MUN. Raihan sangat senang dalam melihat delegasi yang aktif terlibat dalam committee sessions, memiliki keberanian yang tinggi untuk menyatakan pendapat dan mengajukan solusi yang kreatif serta tepat guna untuk menyelesaikan permasalahan global.

Dalam menjadi director, Raihan memiliki kriteria yang cukup tinggi, memegang prinsip kemampuan berkolaborasi dalam menilai delegasi dan indikator penilaian yang beragam agar kualitas tetap terjaga. Raihan sendiri sudah mengetahui mengenai empat jenis RoP pada MUN seperti Harvard Rules of Procedure, National MUN Rules of Procedure, UN4MUN Rules of Procedure, dan kombinasi Harvard UN4MUN. Raihan pun mengajak para mahasiswa Unpar untuk berpartisipasi dalam ajang MUN karena banyak sekali yang bisa didapat dari ajang ini.