Home / Berita Terkini / Program Sarjana Teknik Sipil Unpar Raih Akreditasi IABEE Provisional

Program Sarjana Teknik Sipil Unpar Raih Akreditasi IABEE Provisional

Program Studi Sarjana Teknik Sipil Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) merupakan salah satu dari dua program studi di Unpar yang berhasil meraih Akreditasi Provisional dari Indonesian Accreditation Board for Engineering Education (IABEE). Dengan diraihnya akreditasi berstandar internasional ini, lulusan sarjana Teknik Sipil Unpar akan disetarakan dengan lulusan institusi sesama penandatangan Washington Accord.

Washington Accord sendiri merupakan suatu konvensi atau perjanjian internasional, yang ditandatangani sejak tahun 1989, antara lembaga/badan/institusi pelaksana akreditasi program pendidikan tinggi keinsiyuran (keteknikan) di negara-negara anggotanya. Perjanjian tersebut adalah untuk saling mengakui dan menyetarakan jenjang pendidikan tinggi dalam rangka menghasilkan insinyur profesional di bidang tertentu.

Proses akreditasi provisional telah berlangsung sejak 2019. Berbagai tahap dalam siklus akreditasi perlu diikuti oleh Prodi Sarjana Teknik Sipil Unpar, mulai dari pendaftaran, pengisian evaluasi diri dan penilaian, penilaian tertulis, kunjungan evaluator, penilaian seusai kunjungan lapangan, hingga diterbitkannya keputusan hasil akreditasi. Persiapan yang matang dilakukan oleh pihak prodi termasuk mempersiapkan segala dokumentasi terkait kegiatan prodi.

Akreditasi ini menjadi pengakuan bagi kualitas akademik yang dimiliki oleh Prodi Sarjana Teknik Sipil Unpar. Apalagi, Akreditasi IABEE ini terlaksana karena kepercayaan dari Dikti untuk menyediakan hibah bagi program studi yang dinilai memenuhi syarat untuk diakreditasi, termasuk Prodi Teknik Sipil Unpar.

Adapun akreditasi provisional ini merupakan langkah awal bagi Prodi Teknik Sipil untuk mempersiapkan diri sehingga dapat memperoleh General Accreditation yang dijadwalkan pada tahun 2023. Selain itu, akreditasi ini juga diharapkan dapat memantapkan peran prodi dalam menghasilkan lulusan bermutu yang diakui secara internasional. (DAN – Bagian Publikasi. Sumber: Prodi Teknik Sipil Unpar)