Home / Berita Terkini / Program Magang untuk Mahasiswa ACICIS

Program Magang untuk Mahasiswa ACICIS

The Australian Consortium for ‘In-Country’ Indonesian Studies (ACICIS) merupakan lembaga non-profit yang berfokus pada pendidikan melalui pertukaran pelajar yang merupakan hasil kerja sama beberapa institusi perguruan tinggi di Indonesia dan Australia.

Setelah mengikuti program ACICIS di Universitas Katolik Parahyangan (Unpar), para mahasiswa ACICIS melakukan presentasi sebagai tugas akhir dari program pertukaran pelajar yang telah mereka ikuti selama satu semester di tahun 2017 ini. Mereka merefleksi apa yang telah mereka dapatkan selama mengikuti proses belajar-mengajar di Program Studi Ilmu Hubungan Internasional (HI) Unpar.

Salah satu mahasiswa ACICIS, Mary, merupakan peserta magang ACICIS di Save the Children Indonesia. Bersama rekannya Dika, ia bekerja dalam program “Skill to Succeed”. Ia berhasil menjalankan proyek tersebut dengan menghasilkan suatu permainan sederhana yang ditujukan bagi entrepreneurship muda dalam memahami bisnis. Diharapkan, di masa mendatang, kegiatan ini dapat melibatkan pengembangan struktur pemerintahan lokal dan membangun kerja sama dengan pemerintah lokal.

Dika, perwakilan dari Save the Children Indonesia, berperan mendampingi mahasiswa-mahasiswi ACICIS yang mengikuti program magang di Save the Children. Menurutnya, dengan bergabungnya mereka dalam program magang ini, Indonesia mendapat banyak sekali ilmu dan pengetahuan baru yang fresh, seperti tentang apa yang terjadi di Australia dan apa yang membedakan dengan di Indonesia.

Dika menambahkan, demi pengembangan program yang lebih baik, Unpar diharapkan dapat melakukan mapping terlebih dahulu mengenai isu yang sedang happening di Save the Children Indonesia. Lanjutnya, agar para peserta magang ACICIS dapat memilih isu yang sesuai dengan preferensi masing-masing.