Home / Berita Terkini / Prodi Teknik Elektro Konsentrasi Mekatronika Unpar Sukses Selenggarakan MoRSE International Conference 2019
Sumber foto: Mekatronika Unpar

Prodi Teknik Elektro Konsentrasi Mekatronika Unpar Sukses Selenggarakan MoRSE International Conference 2019

Program Studi Teknik Elektro Konsentrasi Mekatronika Universitas Katolik Parahyangan (Prodi TEKM Unpar) menyelenggarakan The 2019 International Conference on Mechatronics, Robotics, and Systems Engineering (MoRSE Conference 2019) di Hotel Harris Seminyak, Bali pada 4-6 Desember 2019. MoRSE Conference 2019 terselenggara atas kerjasama Unpar dengan Prodi Teknik Elektro Universitas Udayana Bali, dan disponsori secara teknis oleh IEEE Indonesia Section CSS / RAS Joint Chapter. Pelaksanaan MoRSE Conference 2019 mencakup tiga acara utama yaitu Technical Sessions, Workshop, dan Social Event.

Acara Technical Sessions MoRSE conference 2019 dilaksanakan pada tanggal 5 Desember 2019 dengan menghadirkan presentasi dari dua pembicara utama serta presentasi paralel 51 makalah ilmiah oleh penulis yang berasal dari 15 negara, mencakup Amerika Serikat, Jerman, Perancis, Australia, Meksiko, Jepang, Korea Selatan, Turki, India, Filipina, Bangladesh, China, Vietnam, dan Indonesia. 

Professor Joris de Schutter dari KU Leuven & Flanders Make, Belgia, hadir sebagai pembicara utama pertama dan menyampaikan ceramah ilmiah berjudul “A Perspective on Robot Programming for Advanced Sensor-Based Applications and Human-Robot Interaction.” Sebagai pembicara kedua, Dr. Agus Budiyono dari Indonesia Center for Technology Empowerment menyampaikan ceramah dengan judul “Building Robotics Industry in Indonesia: Status, Challenges and Progress.” 

Acara Technical Sessions MoRSE Conference 2019 dibuka oleh Dr. Thedy Yogasara (Dekan Fakultas Teknologi Industri) sebagai perwakilan dari Unpar, Dr. I Ketut Sudarsana (Wakil Dekan 1 Fakultas Teknik) sebagai perwakilan dari UNUD, Dr. Arjon Turnip (Chair of IEEE CSS/RAS Joint Chapter) sebagai perwakilan dari IEEE Indonesia Section, serta Dr. Tua Tamba (General Chair of MoRSE 2019) sebagai perwakilan dari panitia penyelenggara.

Acara Workshop MoRSE Conference 2019 diselenggarakan pada tanggal 4 Desember 2019 dengan menghadirkan topik berjudul “Sum of Squares Programming: Theory and Practice using MATLAB” yang disampaikan oleh Dr. Tua Tamba (TEKM UNPAR). Acara Social Event untuk membangun jaringan dan peluang kerjasama antar peserta seminar dilaksanakan pada 6 Desember 2019 dalam bentuk tur di area kota Denpasar dan Kintamani, Bali.

MoRSE conference 2019 merupakan inisiasi kegiatan seminar internasional dua tahunan di Prodi TEKM UNPAR dan ditujukan sebagai wadah diskusi dan pertukaran ide antara peneliti, akademisi dan praktisi dari berbagai negara terkait ide dan perkembangan teknologi terkini di bidang mekatronika, robotika dan sistem rekayasa. Melalui sponsor teknis dari IEEE Indonesia, makalah yang diterima dan dipresentasikan pada MoRSE conference 2019 telah dikirimkan untuk dipublikasikan (pending review and approval) di IEEE Xplore Digital Library yang umumnya akan terindeks oleh SCOPUS. (/DAN)