Home / Berita Terkini / Prodi Akuntansi Unpar Soroti Isu Keberlanjutan Dalam Seminar Internasional

Prodi Akuntansi Unpar Soroti Isu Keberlanjutan Dalam Seminar Internasional

Keberlanjutan atau sustainability menjadi isu yang sangat menarik untuk dibahas. Khususnya, saat ini seluruh masyarakat global tengah berlomba mewujudkan Sustainable Development Goals atau SDGs sebelum tahun 2030. Komunitas praktisi dan akademisi akuntansi turut berkembang untuk menjawab tantangan keberlanjutan dalam menciptakan sistem dan organisasi yang berkelanjutan.

Hal ini menjadi topik utama dalam Sustainability Accounting International Seminar yang digelar pada 27-28 Januari 2020 di Jakarta dan Bandung. Seminar ini terwujud berkat kerja sama Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Katolik Parahyangan (Prodi Akuntansi FE Unpar) dengan Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan Republik Indonesia (BKF-Kemenkeu), Sustainability Accounting Standards Board (SASB), Institut Akuntan Manajemen Indonesia (IAMI), serta firma internasional PricewaterhouseCoopers (PwC) dan Ernst & Young (EY).

Kegiatan seminar ini diharapkan dapat menjadi wadah diskusi dalam meningkatkan wawasan para peserta mengenai isu keberlanjutan. Salah satunya adalah melalui penyebaran informasi SASB Standards dalam meningkatkan keberlanjutan suatu organisasi akuntansi. Selain itu, kehadiran pembicara dan peserta dari kalangan bisnis juga dapat membuka pemahaman baru akan peran bisnis dalam mencapai SDGs.

Rangkaian Acara

Kegiatan dibuka pada Senin (27/1/2020) dengan sambutan dari Rektor Unpar Mangadar Situmorang Ph.D., Linus M. Setiadi selaku Head of Central Development Department for IAMI, serta Kepala Pusat Kebijakan Pembiayaan Perubahan Iklim dan Multilateral Kemenkeu Dr. Adi Budiarso, FCPA. Acara dilanjutkan dengan keynote speech oleh Vivi Yulaswati, Ph.D. yang merupakan Senior Advisor Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia / Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Kemen PPN / Bappenas), dan Dr. Adi Budiarso.

Kegiatan seminar di hari pertama diisi dengan berbagai mata acara menarik seperti seminar, diskusi dan sharing session yang mengangkat topik “Current and Future Issues of Sustainability Accounting”. Sesi seminar yang dimoderatori oleh Kepala Prodi Sarjana Akuntansi Unpar Dr. Sylvia Fettry mengundang Chairman of SASB Prof. Jeffrey W. Hales sebagai narasumber. Adapun sesi diskusi dan sharing diisi dengan paparan dari praktisi juga akademisi akuntansi dari berbagai latar belakang profesional seperti institusi pemerintah, lembaga fiskal, dan perusahan multinasional. Kegiatan hari pertama dihadiri oleh 140 peserta dari dalam dan luar negeri.

Pada hari Selasa (28/1/2020), kegiatan diisi dengan keynote session dan tiga sesi seminar, serta diikuti oleh 72 orang peserta termasuk mahasiswa. Kegiatan yang berlangsung di Aula Pascasarjana Unpar ini dibuka dengan sambutan dari Wakil Dekan Bidang Akademik FE Unpar Amelia Setiawan, M.Ak., Rektor Unpar Mangadar Situmorang, Ph.D., Chairman of IAMI Certification Agung Nugroho Soedibyo, dan Kepala PKPPIM Kemenkeu Dr. Adi Budiarso, FCPA.

Kegiatan berlanjut dengan sesi seminar pertama yang mengusung tema “Sustainability Accounting In A Changing World”. Seminar ini dibawakan oleh Franky Jamin dari IAMI serta Dr. Paulina Permatasari selaku Ketua Prodi Akuntansi, dipandu oleh Verawati Suryaputra, M.M. dari Unpar selaku moderator. Kemudian, seminar kedua dengan tema “Accounting Metric: Standards Are Changing – Is Reporting?” menghadirkan Prof. Jeffrey Hales dari SASB, dengan moderator Agustinus Susilo, M.Ak. Prof. Hales turut mengisi sesi seminar terakhir yang membahas “Sustainability Reporting In Practices”. Sesi ini dipandu oleh Direktur Trisakti Sustainable Center Juniati Gunawan, Ph.D. sebagai moderator. (/DAN)