Prestasi Tim Lomba Akuntansi Unpar di Kompetisi Nasional

Prestasi kembali ditorehkan oleh para mahasiswa Sarjana Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Katolik Parahyangan (FE Unpar). Dalam waktu yang berdekatan, Tim Lomba Program Studi Akuntansi yang diwakili oleh Annisa Maharani (2017130048), Felicia Valentina (2017130055), dan Sylvia Agustine (2017130156) sukses menyabet juara di dua kompetisi nasional yang berbeda.

Juarai IPB Accounting Competition

Tim Lomba Program Studi Akuntansi sebagai Tim “Intangible Asset” berhasil meraih Juara 1 dalam acara IPB Accounting Competition (IAC) 2020 yang diselenggarakan pada tanggal 11 Oktober 2020 dan 22 November 2020. IAC 2020 merupakan perlombaan akuntansi berskala nasional yang diselenggarakan oleh Institut Pertanian Bogor sebagai salah satu dari rangkaian IPB Tax and Accounting Fair (ITAF) 2020. 

IAC 2020 mengusung tema “Forming Young Generation to be Clever, Creative and Productive in Digital Accounting Era in Facing Global Competition” Dalam pelaksanaannya, lomba ini diikuti oleh 16 tim terbaik dari berbagai universitas di Indonesia yang telah lolos pada tahap preliminary test di tanggal 11 Oktober 2020. 

Sebanyak enam belas tim terbaik mengikuti babak semifinal yang terdiri dari dua bagian, yaitu Individual Test dan Teamwork Test. Kemudian, enam tim dengan nilai tertinggi maju ke babak final berupa B.I.N.G.O. 

Tahap terakhir dari perlombaan ini adalah babak grand final berupa QnA dengan tiga dewan juri dengan tema “Kebijakan Akuntansi dan Perpajakan dalam Menstimulasi Pertumbuhan Ekonomi Pasca COVID-19” yang diikuti oleh dua tim dengan nilai tertinggi dari babak B.I.N.G.O. untuk memperebutkan gelar Juara 1 dan Juara 2.

Raih Juara 3 dalam PAC XX

Sementara itu, dalam kompetisi Perbanas Institute Accounting Competition (PAC) XX yang diselenggarakan pada tanggal 27 Oktober 2020 dan 3–4 November 2020., Tim Lomba Program Studi Akuntansi selaku Tim “Grand Place” berhasil meraih juara ketiga.

PAC XX adalah kompetisi akuntansi berskala nasional yang diselenggarakan oleh Perbanas Institute Jakarta. Tema dari PAC yang diusung pada tahun ini adalah “Light Up Your Accounting Excellence, Upgrade Your Accounting Proficiency, and Strengthen Your Future Accounting Career by Competing in Perbanas Institute Accounting Competition XX”.

 Dalam pelaksanaannya, lomba ini bekerja sama dengan Certified Public Accountant (CPA) Australia. Perlombaan PAC XX ini diikuti oleh 40 tim dari berbagai universitas yang tersebar di seluruh Indonesia.

Sebelum akhirnya berlaga di babak terakhir yaitu babak final, peserta PAC XX sebanyak 40 tim harus melalui babak quarter final round berupa Crossword. 15 tim dengan nilai Crossword tertinggi kemudian mengikuti babak semifinal berupa Essay, dan kemudian 4 tim terbaik akan berlaga di babak final Case Building yang dibuat dan disampaikan oleh CPA Australia.

Proficiat bagi capaian Tim Lomba Program Studi Akuntansi Unpar! Semoga capaian kalian dapat menginspirasi Komunitas Unpar dalam meraih prestasi! (DAN – Divisi Publikasi. Sumber: Rilis Program Sarjana Akuntansi Unpar)